Sukses

Cuaca Hari Ini 8 Oktober 2024: Langit Indonesia Mayoritas Cerah Berawan di Siang Hari

Pada Selasa (8/10/2024), langit pagi Indonesia sebagian besarnya diprediksi cerah, cerah berawan, berawan, berawan tebal, kabut, hujan ringan.

Liputan6.com, Jakarta Pada Selasa (8/10/2024), langit pagi Indonesia sebagian besarnya diprediksi cerah, cerah berawan, berawan, berawan tebal, kabut, hujan ringan. Seperti itulah prakiraan cuaca Indonesia hari ini, hal ini seperti dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kemudian pada siang hari nanti, sebagian wilayah Indonesia diprakirakan berawan tebal, di antaranya Banda Aceh, Surabaya, Manokwari, Pekanbaru, dan Medan.

Hujan dengan intensitas ringan diprediksi turun di beberapa wilayah Indonesia pada siang hari nanti, di antaranya Ambon, Ternate, Mamuju, Kendari, dan Manado.

Selanjutnya malam hari nanti, Indonesia sebagiannya diprediksi cerah berawan, berawan, berawan tebal, hujan ringan, dan hujan petir.

Sementara hujan ringan diprediksi turun di wilayah Banda Aceh, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Mamuju, dan Medan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Banda Aceh  Berawan Tebal  Berawan Tebal   Hujan Ringan
 Denpasar  Cerah Berawan   Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Serang  Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Bengkulu  Cerah Berawan  Berawan  Cerah
 Yogyakarta   Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan 
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah
 Gorontalo   Berawan  Berawan  Berawan Tebal
 Jambi   Berawan Tebal  Berawan  Berawan
 Bandung   Berawan  Berawan   Berawan Tebal
 Semarang   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Surabaya   Cerah Berawan  Berawan Tebal  Berawan
 Pontianak   Berawan  Berawan  Berawan
 Banjarmasin   Berawan  Berawan  Berawan
 Palangkaraya  Berawan  Berawan   Berawan Tebal
 Samarinda  Berawan Tebal  Berawan  Berawan
 Tarakan   Hujan Ringan   Cerah  Cerah Berawan
 Pangkal Pinang  Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Tanjung Pinang   Hujan Ringan  Berawan  Berawan 
 Bandar Lampung  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Ambon   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Ternate   Berawan Tebal  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Mataram   Kabut  Cerah Berawan  Berawan
 Kupang   Berawan  Berawan  Berawan
 Kota Jayapura  Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Manokwari   Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan Tebal
 Pekanbaru   Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan
 Mamuju   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Makassar   Cerah Berawan  Cerah  Cerah Berawan
 Kendari   Berawan  Hujan Ringan  Kabut
 Manado    Kabut  Hujan Ringan  Berawan Tebal
 Padang   Kabut  Cerah Berawan  Berawan
 Palembang  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Medan   Berawan  Berawan Tebal  Hujan Ringan
 
2 dari 5 halaman

KLHK Raih Penghargaan Green Eurasia 2024 Atas Inisiatif dalam Pengendalian Perubahan Iklim

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menerima penghargaan Green Eurasia 2024 di Yerevan, Armenia pada Eurasian Economic Forum (EEF) 2024.

Dalam Green Eurasia Award 2024, Eurasian Economic Commision (EEC) Board menetapkan KLHK sebagai Pemenang Peringkat Pertama (1st Place) dari International Climate Competition “Green Eurasia” 2024 untuk Kategori Sustainable Land Use, Forestry and Water Management. Green Eurasia Award 2024 diberikan atas inisiatif kebijakan dan komitmen Indonesia atas kebijakan Zero Burning Practices dalam penanganan emisi dari lahan dan hutan serta upaya pengendalian perubahan Iklim.

Pemberian penghargaan Green Eurasia 2004 dilakukan pada tanggal 1 Oktober 2024 di Dvin Musical Hall Yerevan, setelah Plenary Session dari Eurasian Economic Forum (EEF) 2024, yang dihadiri beberapa kepala pemerintahan negara anggota Eurasian Economic Union (EEU) yaitu Perdana Menteri Armenia, Perdana Menteri Belarusia, Perdana Menteri Kazakhstan, Perdana Menteri Kyrgyztan, dan Perdana Menteri Rusia, serta perwakilan beberapa negara lainnya.

Direktur Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum LHK) Rasio Ridho Sani, mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menerima penghargaan Peringkat Pertama – 1st Place Green Eurasia 2024 Award yang diserahkan langsung oleh Deputy Prime Minister Republic of Armenia, Mher Herberti Grigoryan, didampingi oleh Minister of Trade of the Eurasian Economic Union, Andrey Slepnev.

Atas Penerimaan Green Eurasia 2024 Award ini, Menteri Siti Nurbaya mengatakan bahwa penghargaan Green Eurasia terhadap inisiatif kebijakan dan komitmen Indonesia dalam upaya pengendalian perubahan iklim ini merupakan bentuk pengakuan dunia atas inisiatif, komitmen, dan konsistensi Pemerintah Indonesia dalam pengendalian perubahan iklim, termasuk pengendalian emisi dari hutan dan lahan.

"Saya mengapresiasi Dewan Eurasian Economic Commission yang telah memberikan penghargaan 1st Place, Peringkat Pertama Green Eurasia 2004 kepada KLHK," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Ucapkan Terima Kasih

Menteri Siti, juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan seluruh pihak atas komitmen dan konsistensi dalam upaya pengendalian perubahan iklim selama ini.

Menteri Siti menambahkan bahwa agenda perubahan iklim Indonesia, termasuk pengendalian emisi dari hutan dan lahan melalui FOLU NET Sink 2030 harus menjadi agenda bersama seluruh stakeholder. Tantangan utama dalam mewujudkan FOLU NET SINK 2030 adalah menjaga konsistensi dan komitmen bersama seluruh stakeholder.

"Inisiatif-inisiatif kebijakan dan kerja-kerja serta capaian-capaian dalam penurunan emisi karbon dan berbagai apresiasi yang ditelah didapatkan oleh Pemerintah Indonesia dari berbagai negara dan lembaga internasional selama satu dekade, merupakan modal penting dalam melanjutkan upaya pengendalian perubahan iklim yang lebih baik ke depan," pungkas Menteri Siti.

4 dari 5 halaman

Salju Abadi Mencair Akibat Perubahan Iklim, Perbatasan Swiss dan Italia Bergeser

Swiss dan Italia sepakat "menggambar ulang" sebagian perbatasan mereka di Pegunungan Alpen karena mencairnya gletser akibat perubahan iklim.

Sebagian besar perbatasan Swiss-Italia ditentukan oleh garis punggung gletser atau area salju abadi, namun mencairnya gletser telah menyebabkan batas alami ini bergeser.

Swiss secara resmi menyetujui perjanjian tentang perubahan tersebut pada hari Jumat (27/9/2024), namun Italia belum melakukan hal yang sama. Langkah ini menyusul rancangan perjanjian oleh komisi gabungan Swiss-Italia pada bulan Mei 2023. Demikian seperti dilansir BBC, Rabu (2/10).

Statistik yang diterbitkan September lalu menunjukkan bahwa gletser Swiss kehilangan 4 persen volumenya pada tahun 2023, kehilangan terbesar kedua setelah rekor pencairan tahun 2022 sebesar 6 persen.

Laporan tahunan diterbitkan setiap tahun oleh Jaringan Pemantauan Gletser Swiss (Glamos), yang mengaitkan rekor kerugian tersebut dengan musim panas yang sangat hangat berturut-turut, dan curah salju yang sangat rendah pada musim dingin 2022. Para peneliti mengatakan bahwa jika pola cuaca ini terus berlanjut, pencairan es akan semakin cepat.

Pada hari Jumat, Swiss mengatakan bahwa batas-batas yang ditetapkan ulang telah disusun sesuai dengan kepentingan ekonomi kedua belah pihak.

Memperjelas batas-batas akan membantu kedua negara menentukan siapa yang bertanggung jawab atas pemeliharaan wilayah alam tertentu.

Batas-batas Swiss-Italia akan diubah di wilayah Plateau Rosa, tempat perlindungan Carrel, dan Gobba di Rollin - semuanya berada di dekat Matterhorn dan resor ski populer termasuk Zermatt.

Perubahan batas yang tepat akan dilaksanakan dan perjanjian akan dipublikasikan setelah kedua negara menandatanganinya.

5 dari 5 halaman

Mengurangi Gas Rumah Kaca

Tahun lalu, Glamos memperingatkan bahwa beberapa gletser Swiss menyusut begitu cepat sehingga tidak mungkin bisa diselamatkan, bahkan jika suhu global tetap berada dalam target kenaikan 1,5 Celcius sesuai Perjanjian Iklim Paris.

Para ahli mengatakan bahwa tanpa pengurangan gas rumah kaca yang terkait dengan pemanasan global, gletser yang lebih besar seperti Aletsch - yang tidak berada di perbatasan - bisa menghilang dalam satu generasi.

Sejumlah penemuan terjadi di gletser Swiss dalam beberapa tahun terakhir karena pencairan dan penyusutannya yang cepat.

Juli lalu, sisa-sisa manusia yang ditemukan di dekat Matterhorn dipastikan adalah pendaki Jerman yang hilang sejak 1986.

Pada tahun 2022, reruntuhan pesawat yang jatuh pada tahun 1968 muncul dari gletser Aletsch.