Sukses

Istana Buka Kemungkinan Jokowi Pulang ke Solo Naik Pesawat Komersil Usai Pensiun

Menteri Sekretaris Negara Pratikno membuka kemungkinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pulang ke Solo, Jawa Tengah menaiki pesawat komersil, usai pensiun pada 20 Oktober 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara Pratikno membuka kemungkinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pulang ke Solo, Jawa Tengah menaiki pesawat komersil, usai pensiun pada 20 Oktober 2024. Pratikno mengatakan pihaknya sudah menyiapkan apabila Jokowi pulang ke Solo dengan pesawat komersil.

"Nanti kita atur, jadi pokoknya komersil sudah siap. Pokoknya sudah siap," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Menurut dia, mantan-mantan presiden dan wakil presiden tetap mendapat pengamanan dari pasukan pengamanan presiden (Paspampres). Sehingga, nantinya Jokowi akan tetap dijaga Paspampres, meski sudah tak menjabat sebagai presiden.

"Kita ikuti aturan protokol ya. Kan presiden sebagai mantan presiden tetap berhak untuk memperoleh dukungan pengamanan Paspampres, dan ada grup tersendiri untuk mantan presiden dan wapres," jelas Pratikno.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan dirinya akan langsung pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, usai Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 pada 20 Oktober 2024. Jokowi akan pulang ke Solo pada 20 Oktober sore hari.

"Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo," kata Jokowi di JCC Senayan Jakarta, Selasa (8/10/2024).

 

2 dari 2 halaman

Pulang ke Solo

Jokowi enggan mengungkapkan apa kegiatan yang akan dilakukannya usai tak lagi menjadi presiden. Dia hanya menyebut akan tidur di kediamannya di Solo.

"Pulang ke Solo dulu, tidur," ujarnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres tersebut, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024. Prabowo dan Gibran berhasil memenangi Pilpres 2024.

Video Terkini