Sukses

10 Tahun Dampingi Jokowi, Pratikno: Beliau Kerja Keras Luar Biasa

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan kesannya selama 10 tahun mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi di pemerintahan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan kesannya selama 10 tahun mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi di pemerintahan. Pratikno menyebut Jokowi merupakan sosok pemimpin yang sangat pekerja keras.

"Ya luar biasa beliau kerja keras luar biasa, apalagi kalau nginep di Jakarta, berarti jam 8 (pagi) saya harus stand by. Apalagi, dulu beliau tinggal di Wisma (Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta). Pagi-pagi sudah di Istana Merdeka, nanti malam jam 10 (malam) baru masuk ke kembali ke Istana Merdeka," jelas Pratikno kepada wartawan, Selasa (8/10/2024).

Sebelum memutuskan berkediaman di Wisma Bayurini Istana Bogor, Jokowi terlebih dahulu bertempat tinggal di Wisma Negara Istana Kepresidenan Jakarta. Pratikno mengatakan Jokowi hanya bolak-balik ke Istana Merdeka dan Wisma Negara apabila berada di Jakarta.

"Saya sampai bilang, ‘Pak, saya itu lebih indah lho, walaupun macet itu sempat pulang. Bapak itu enggak pernah pulang’. Dari Istana Merdeka, dari Wisma, sebelah itu ke beberapa meter ke Istana Merdeka. Nanti malam balik ke Wisma lagi, itu berapa bulan beliau ya, kemudian akhirnya putuskan tinggal di Bogor, luar biasa," tuturnya.

Menurut dia, Jokowi memiliki stamina dan fisik luar biasa di tengah agenda kepresidenan yang begitu padat. Bahkan, kata Pratikno, Jokowi sangat cepat berjalan apabila kunjungan kerja ke sejumlah daerah.

"Kalau kunker jalannya cepat. Banyak kejadian unik," ucap Pratikno.

 

2 dari 2 halaman

Diangkat Mensesneg Sejak 2014

Sebagai informasi, Pratikno diangkat sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) pada 2014 atau saat periode pemerintahan Jokowi. Pratikno pun kembali menduduki jabatan yang sama saat Jokowi membentuk kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Sebagai seorang Mensesneg, Pratikno sangat dekat dengan Jokowi. Dia kerap mendampingi Jokowi dalam berbagai acara, pertemuan, kunjungan kerja ke berbagai daerah maupun luar negeri.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres tersebut, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024. Prabowo dan Gibran berhasil memenangi Pilpres 2024.