Sukses

Gibran Pantau Makan Siang Bergizi Gratis di SMA 70 Jaksel

Gibran juga memberikan tambahan menu yakni susu kotak untuk para siswa-siswi di SMA tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka ikut memantau uji coba makan siang bergizi gratis di SMA Negeri 70 Jakarta Selatan. Ia bersama Penjabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Dalam kunjungannya, Gibran memuji menu makan siang yang disediakan oleh Perumda Dharma Jaya (BUMD DKI Jakarta). Menu yang disajikan hari ini adalah nasi putih, ayam teriyaki, salad sayur, tahu, perkedel, telur, hingga buah pisang.

“Ini saya lihat menu hari ini termasuk yang paling mewah. Kalau minggu lalu kami lihat beberapa tempat ini saya kira yang paling lengkap, paling mewah,” kata Gibran saat dijumpai di SMAN 70 Jakarta Selatan, Rabu, (9/10/2024), seperti dikutip dari Antara.

Gibran juga memberikan tambahan menu yakni susu kotak untuk para siswa-siswi di SMA tersebut.

Heru Budi menjelaskan SMA 70 merupakan SMA pertama di Jakarta yang mengikuti uji coba makan siang bergizi gratis. Ke depan, jajaran Pemprov DKI akan terus melakukan uji coba di sekolah-sekolah lain.

“Relatif menunya anak-anak SMA suka ya. Beda dengan kemarin uji coba di SD. Kami harus menyesuaikan menu yang memang disukai oleh anak-anak SD. Kalau ini gurauan mereka kurang katanya. Tapi mungkin ke depannya mohon Mas Gibran memberikan arahan agar kami bisa memberikan yang terbaik,” ujar Heru.​​​​​

Siswa-siswi tampak antusias dengan kehadiran Gibran, mereka meminta berswafoto bersama sang Wakil Presiden Terpilih.

Gibran pun menghampiri meja siswa-siswi untuk meladeni mereka berfoto bersama. Bahkan saat Gibran tiba di salah satu kelas, dia disambut oleh siswa-siswi dengan pantun.

"Sungguh enak makan nasi ulam. Dibeli dari Mbah Marijan. Dari lubuk hati yang paling dalam, selamat datang Pak Gibran," ujar salah satu murid.

2 dari 3 halaman

Gibran: Menu Makan Siang Bergizi dan Susu untuk Siswa Sudah Sesuai Arahan Ahli Gizi

Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka memastikan, menu makan siang bergizi yang disajikan untuk siswa sudah sesuai dengan arahan ahli gizi. Hal ini disampaikannya usai memantau langsung uji coba makan bergizi gratis (MBG) di dua sekolah di Kota Tangerang, yakni SMPN 13 dan SDN 4.

Tak hanya di wilayah Tangerang, pengecekan serupa juga sempat dilakukan Gibran di kawasan Sentul Bogor, Surabaya, hingga Solo.

"Dari tingkat SD dan SMP ini, semua sudah sesuai dengan masukan dari para ahli gizi," ungkap Gibran, seusai meninjau di SDN 4 Tangerang, Senin (5/8/2024).

Sebab, pada awal pra uji coba, susu dan makan siang diberikan secara bersamaan. Namun, berdasarkan masukan ahli gizi dan orang tua siswa, skemanya pun diubah.

Susu UHT akan diberikan pada saat jam istirahat pertama, sementara makanan bergizi akan diberikan pada saat jam makan siang atau istirahat kedua sebelum pulang sekolah.

"Lalu, kemarin banyak masukan dari para pemerhati lingkungan terkait packing, ini bawa bekal nanti bisa dicuci terus dibawa lagi, jadi tidak ada yang jadi limbah,"kata Gibran.

Berdasarkan pantauan di lokasi, kemasan makan siang sudah terkemas dalam kotak makan yang dituliskan masing-masing nama siswa dan kelasnya. Sehingga, setelah makan, bisa dicuci dan digunakan kembali keesokan harinya.

Untuk hari ini, menu makan bergizi gratis yang diberikan kepada 552 siswa SDN 4 Tangerang berupa seporsi nasi, fuyunghai lengkap dengan sausnya, tumis sayur, tiga potong melon manis, dan susu kemasan atau UHT berukuran 110 ml.

3 dari 3 halaman

Gibran Pantau Uji Coba Makan Bergizi Gratis di SDN 4 Tangerang

Diketahui, Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka memantau langsung pelaksanaan uji coba Makan Bergizi Gratis (MBG), di SDN 4 Tangerang, Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, Senin (5/8/2024).

Saat tiba di sekolah dasar tersebut, Gibran tiba disambut dengan warga Tangerang yang sudah berada di lokasi. PJ Wali Kota Tangerang Nurdin, dan sejumlah pejabat terkait di Kota Tangerang, juga menyambut di lokasi.

Dia langsung memasuki kelas 4, di mana di dalam kelas tersebut di meja masin-masing puluhan siswanya sudah disediakan makan bergizi gratis. Yakni terdiri dari seporsi nasi, sepotong fuyunghai, lengkap dengan saosnya. Lalu, tumis sayur, potongan buah melon, dan juga susu kemasan atau UHT.

Gibran langsung mempersilakan anak-anak untuk makan, sembari membagikan buku-buku tulis kepada anak-anak.

"Ayo dimakan. Enak ndak?" tanya Gibran yang dijawab anggukan siswa.

Bahkan, untuk mempersilakan anak-anak makan, Gibran sempat mengingatkan beberapa media, karena khawatir mengganggu anak-anak yang tengah menyantap makan siang.

"Nanti ya, tunggu anak-anak makan dulu," kata dia.

Video Terkini