Sukses

Kolaborasi Mengasah Potensi Seni, Karya Seniman Residensi Baku Konek Masuk Pameran Jakarta Biennale 2024

Sebanyak 18 karya seniman residensi Baku Konek turut dipamerkan di Jakarta Biennale 2024 yang berlangsung di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta mulai 1 Oktober sampai 15 November 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 18 karya seniman residensi Baku Konek turut dipamerkan di Jakarta Biennale 2024 yang berlangsung di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta mulai 1 Oktober sampai 15 November 2024.

Baku Konek 2024 merupakan program residensi yang diinisiasi oleh ruangrupa dan Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan (PTLK) melalui Manajemen Talenta Nasional (MTN) Bidang Seni Budaya, berkolaborasi dengan komunitas-komunitas dan kolektif seni di berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sesi diskusi Artist Talk: Baku Konek yang diadakan pada Jumat, 4 Oktober 2024, beberapa seniman perwakilan dari berbagai daerah turut hadir untuk berbagi pengalaman dan pandangan mereka terkait program ini. Mereka antara lain berasal dari Sumenep, Aceh, Majalengka, Yogyakarta, dan Tulungagung.

Salah satu seniman yang terlibat dalam program Baku Konek adalah Agustin Dwi Maharani, perwakilan dari Komunitas Gulung Tukar (Tulungagung) yang berkolaborasi dengan Komunitas Susur Galur di Pontianak.

Ia mengungkapkan ketertarikannya pada program ini karena peluang besar untuk berkolaborasi dan menjalin relasi dengan pelaku seni dan budaya di luar Jawa. Di Jakarta Biennale, Agustin dan komunitasnya memamerkan karya bertajuk 'Mengairi Sekitar, Memaknai Kehidupan'.

"Karya tersebut merupakan hasil dari residensi di Pontianak yang memadukan dialog dengan berbagai entitas di beberapa wilayah perkampungan sungai, seperti Kampung Kuantan Laut dan Kampung Banjar Serasan," ujar Agustin, melalui keterangan tertulis, Rabu (9/10/2024).

Menurut dia, melalui penelitian lintas budaya dan pendekatan seni rupa, karya ini menyoroti peran krusial Sungai Kapuas sebagai sumber kehidupan serta cerminan ikatan sosial dan nilai-nilai spiritual masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

"Kami berusaha memposisikan diri sebagai bagian dari kehidupan masyarakat setempat untuk benar-benar bisa merasakan dan memahami masalah sosial yang ada. Karya ini bukan hanya sekadar pajangan, tapi ruang untuk membangun kesadaran kolektif dan mengkaji tantangan masyarakat saat ini," ungkap Agustin.

 

2 dari 2 halaman

Manfaat Lainnya

Selain Agustin, seniman lain yang merasakan manfaat dari program Baku Konek adalah Nani Nurhayati dari Majalengka, Jawa Barat. Ia pertama kali mengetahui program residensi Baku Konek melalui media sosial. Ia tertarik mengikuti program ini karena ingin terkoneksi dengan pelaku seni dan budaya dari berbagai kota dan provinsi.

Dari hasil residensinya bersama komunitas Sikukeluang di Pekanbaru, Nani mengangkat soal ritual pengobatan tradisional Melayu-Riau. Temuannya berupa rempah-rempah dan audio ia ramu menjadi sebuah karya instalasi yang apik bertajuk 'Tepung-Pa-Tepung'.

Keberhasilan Baku Konek 2024 merupakan momentum penting, khususnya dalam hal berjejaring, kolaborasi, serta eksplorasi artistik dalam konteks seni rupa kontemporer.

Residensi Baku Konek membuka pintu bagi seniman muda seperti Agustin dan Nani untuk belajar dan berbagi pengalaman dengan komunitas seni di seluruh Indonesia.

Dengan keberagaman latar belakang peserta, Baku Konek menjadi salah satu sorotan penting dalam perhelatan Jakarta Biennale 2024, membuka jalan bagi masa depan seni rupa Indonesia yang lebih inklusif dan terhubung, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Karya-karya yang dipamerkan juga menunjukkan peran lain karya seni di luar sisi artistiknya, yakni sebagai cerminan, respons, hingga pendorong perubahan sosial, lingkungan, serta budaya.