Sukses

Jokowi Mendarat di Bandara Nusantara dengan Pesawat Besar Boeing

Ini kali pertamanya Jokowi mendarat dengan pesawat berbadan besar di Bandara Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Bandara Nusantara, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024), dengan menggunakan pesawat kepresidenan Boeing Bussines Jet 737-800.

Ini kali pertamanya Jokowi mendarat dengan pesawat berbadan besar di Bandara Nusantara.

Jokowi dan Iriana tiba di Bandara Nusantara sekitar pukul 10.00 WITA. Tampak pula Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani turun dari pesawat yang sama.

Kedatangan Jokowi disambut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Wamen ATR Raja Juli Antoni, hingga Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik.

Jokowi dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Rumah Sakit Hermina Nusantara, untuk melakukan peninjauan sekaligus peresmian. Selain itu, dia akan meresmikan Istana Negara dan Istana Garuda.

"Presiden Jokowi juga diagendakan untuk menghadiri Kompas 100 CEO Forum Tahun 2024, yang digelar pertama kali di Istana Garuda, Kawasan IKN. Presiden Jokowi juga direncanakan untuk meresmikan Istana Garuda, Istana Negara, dan Mayapada Hospital Nusantara," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

2 dari 3 halaman

Mendarat Mulus

Sebelumnya, Presiden Jokowi sendiri telah melakukan pendaratan perdana di Bandara Nusantara, dengan menggunakan pesawat kepresidenan-1 RJ85 pada Selasa, 24 September 2024. Dia menyebut menyebut pesawatnya mendarat sangat mulus.

"Dengan selesainya Airport Nusantara kemarin sudah kita melakukan pendaratan yang pertama setelah beberapa kali di coba, kemarin saya tanyakan ke Menhub, bener? Aman? aman bener? Betul, oke saya landing di Nusantara Airport. Begitu turun, runwaynya mulus, semua lancar," tutur Jokowi saat groundbreaking proyek di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024).

Dia menargetkan pembangunan Bandara Nusantara dapat rampung akhir Desember 2024. Jolowi mengatakan landasan pacu atau runway Bandara Nusantara sepanjang 3.000 meter sehingga bisa didarati pesawat berbadan lebar.

 

3 dari 3 halaman

Selesai Desember

"Selesainya masih nanti akhir Desember akan selesai semua baik terminal, runway, berada di panjang 3.000 sehingga pesawat berbadan lebar bisa turun di IKN," pungkas Jokowi.

Video Terkini