Sukses

Undangan Panggilan Calon Menteri Kabinet Prabowo Dimulai

Ketua Harian Partai Gerindra Ahmad Sufmi Dasco mengatakan proses penetapan sejumlah menteri yang akan masuk dalam kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka hingga saat ini masih sesuai jadwal.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Harian Partai Gerindra Ahmad Sufmi Dasco mengatakan proses penetapan sejumlah menteri yang akan masuk dalam kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka hingga saat ini masih sesuai jadwal.

Dia menegaskannya para calon menteri tentunya harus terlebih dahulu menghadap ke Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Iya kita lihat nanti. Tapi kan mestinya kalau calon-calon menteri enggak mungkin dilantik kalau sebelum ketemu, kan gitu," kata Dasco di Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (11/10/2024).

Dasco menyebut proses pemanggilan kepada calon menteri masih digodok. Rencananya undangan akan disebar kepada calon menteri paling cepat Sabtu (12/10/2024).

Namun, untuk proses undangan serta lokasi pertemuan belum bisa dipastikan apakah nantinya akan dilangsungkan secara terbuka atau tertutup.

"Proses pemanggilannya ini masih, pengundangannya masih dibicarakan. Kemungkinan baru besok (Sabtu) atau Minggu baru final," ucap Dasco.

"Tapi saya pikir cepat atau lambat kan ini dari tanggal 15 ke tanggal 20 ya mungkin, belum tahulah nanti," Dasco menambahkan.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu juga melanjutkan banyak calon-calon menteri yang nantinya akan bergabung di kabinet Prabowo-Gibran kapabel dan profesional.

Ketika ditanya apakah PDIP nantinya juga akan bergabung, Dasco enggan membeberkannya.

Sebab, sebagaimana diketahui, Gerinda saat ini masih melakukan pendekatan ke PDIP agar bisa bergabung dalam kabinet Prabowo-Gibran. "Iya nanti kita kabarilah ke kawan-kawan ya," ujar Dasco.

 

2 dari 2 halaman

Prabowo Sudah Pantau Sejak Lama Calon Menteri yang Akan Masuk Kabinetnya

Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto, mengatakan sudah melakukan uji kelayakan terhadap para calon menteri untuk duduk di kabinetnya.

Menurut Prabowo, banyak yang bagus dan kapabel untuk membantunya di pemerintahan selama lima tahun mendatang.

"Sebenarnya prosesnya sudah berjalan dengan lama. Tentunya kita berkoalisi itu pimpinan-pimpinan partai mengajukan nama-nama, kita pelajari latar belakangnya," kata Prabowo Subianto kepada wartawan di Jakarta, Jumat (11/10/2024).

"Saya harus akui banyak sekali yang sangat bagus, sangat kapabel dan sebagian juga kita sudah pantau lama," sambungnya.

Apalagi, Ketua Umum Partai Gerindra ini sudah berada di dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM). Sehingga, banyak mengetahui mana saja menteri-menteri yang kapabel dan profesional.

"Saya katakan, kan saya sudah jadi bagian Kabinet Indonesia Maju dan saya sudah bekerja sama dengan beberapa menteri dan memang menteri-menteri yang saya lihat banyak yang memang kapabel, banyak yang profesional," ujar Prabowo.

Mantan Danjen Kopassus itu menegaskan dirinya sudah melakukan pemantauan dan juga diskusi yang memang tidak dilaksanakan di hadapan wartawan. Sehingga luput dari pemberitaan.

"Jadi sebetulnya proses pemantauan itu sudah berjalan lama, kita sudah sering diskusi. Jadi ada tahap-tahap yang tidak di depan media, tapi sudah dilaksanakan," ucap Prabowo.

Prabowo menambahkan, para pimpinan partai akan mengajukan nama-nama kader yang akan membantunya dalam menjalankan roda pemerintahan ke depan. "Saya sudah jelaskan, tentunya pimpinan partai akan mengajukan," kata Prabowo.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com