Sukses

Ragam Kegiatan Jokowi Jelang Pensiun: Pamitan hingga Bawa 43 Kambing dari Istana Bogor ke Solo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengakhir masa tugasnya pada 20 Oktober 2024 mendatang. Jelang purnatugas, sejumlah kegiatan dilakukan Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengakhir masa tugasnya pada 20 Oktober 2024 mendatang. Jokowi mengaku akan kembali ke Solo setelah tak lagi menjabat sebagai Presiden RI. 

Selain melaksanakan tugasnya sebagai kepala negara, Jokowi juga telah bersiap meninggalkan Istana sambil mengemasi barang-barang pribadinya untuk dikirim Solo.

Jokowi dan Iriana Jokowi juga telah berpamitan dengan pegawai Istana dan wartawan. Momen tersebut diabadikan dalam sebuah poto bersama di tangga depan Istana Merdeka.

Berikut ini sejumlah aktivitas Jokowi jelang pensiun yang dihimpun Liputan6.com.

1. Pamitan ke Pegawai Istana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana meluangkan waktu untuk berpamitan secara khusus dengan para pegawai, unsur pengamanan, petugas kebersihan, hingga jurnalis sebelum purna tugas pada 20 Oktober 2024.

Jokowi dan Iriana juga menyampaikan ucapan terima kasih dan salam perpisahan kepada seluruh perangkat istana kepresidenan yang telah setia mendukung pekerjaan mereka selama ini.

"Terima kasih, terima kasih semuanya," ucap Jokowi dan Iriana usai berfoto bersama, Kamis (10/10/2024).

Sesi foto bersama berlangsung di tangga depan Istana Merdeka. Jokowi dan Iriana tersenyum semringah saat berfoto bersama para pegawai Istana, mulai dari Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, Paspampres, hingga petugas kebersihan.

Dalam momen ini, Jokowi dan Iriana secara langsung menyampaikan rasa terima kasih mereka kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menjalankan tugas negara.

2. Bawa 43 Ekor Kambing dari Istana Bogor

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui dirinya sudah memulai mengemasi barang-barangnya yang berada di Istana Kepresidenan Bogor dan Jakarta, menjelang pensiun pada 20 Oktober 2024. Jokowi menyebut 70 persen barang-barangnya sudah dikirim ke kampung halaman di Solo, Jawa Tengah.

"Sudah 70 persen barang-barang sudah dibawa dengan box ke Solo," kata Jokowi kepada wartawan usai meresmikan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024).

Jokowi sendiri memelihara 43 ekor kambing di Istana Kepresidenan Bogor, dari awalnya hanya 5. Jokowi juga akan membawa kambing-kambing peliharaannya ke Solo, Jawa Tengah saat pensiun.

"Kambingnya belum (dibawa ke Solo), nanti segera juga. Kambingnya 5, sekarang jadi 43," ujar Jokowi.

3. Masih Kunjungan ke Luar Kota

Kepala Sekretariat Presiden (KSP) Heru Budi Hartono mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke luar daerah hingga 15 Oktober 2024 atau lima hari jelang purna tugas pada 20 Oktober 2024.

Heru menyebut Jokowi akan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur pada 11 Oktober 2024. Salah satunya, untuk meresmikan Istana Negara dan proyek lainnya yang sudah selesai pengerjaan.

"Kan besok Pak Presiden kunjungan kerja sampai dengan tanggal 15 (Oktober) ya. Ya ada beberapa lokasi (di) IKN," kata Heru kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (10/10/2024).

2 dari 2 halaman

Resmikan Istana Negara IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (10/11/2024). Jokowi mengatakan Istana Garuda di IKN akan diresmikan oleh Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto.

"Pada sore hari ini kita akan bersama-sama meresmikan Istana Negara di IKN," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (11/10/2024).

Istana Garuda di IKN sendiri tak bisa diresmikan secara bersamaan oleh Jokowi. Pasalnya, pembangunan Istana Garuda diperkirakan selesai pada November 2024, dimana Jokowi sudah pensiun sebagai presiden.

"Karena Istana Garuda masih dalam proses finishing dan memungkinkan masih memakan waktu satu bulan ke depan. Maka pada hari ini, saya akan meresmikan Istana Negara terlebih dahulu," jelasnya.

"Dan nanti Istana Garuda akan diresmikan oleh Presiden Prabowo Subianto," sambung Jokowi.

Video Terkini