Sukses

Kapolda Dituntut Segera Tuntaskan Kasus Pimpinan KPK Firli Bahuri dan Alexander Marwata

Kepala Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Kapolda Metro Jaya) Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Karyoto berjanji bakal mengusut tuntas dua kasus pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang saat ini ada meja kerjanya.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Kapolda Metro Jaya) Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Karyoto berjanji bakal mengusut tuntas dua kasus pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang saat ini ada meja kerjanya.

Dua kasus tersebut yakni kasus pemerasan oleh mantan Ketua KPK Firli Bahuri dan teranyar kasus Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Pengusutan kedua kasus tersebut semestinya terbilang mudah bagi Karyoto. Mengingat jenderal bintang dua itu memiliki rekam jejak di komisi antirasuah.

"Kombinasi antara komitmen dan pengalaman panjang Kapolda dalam penanganan kasus korupsi menjadi kunci penting dalam proses ini. Terlebih, publik terus mempertanyakan komitmen penyelesaian kasus Firli Bahuri," kata Ketua IM57+ Institute, M Praswad Nugraha, dalam keterangannya, Sabtu (12/10/2024).

"Mengonstruksikan kasus dugaan pemerasan Firli Bahuri ini sebenarnya tergolong perkara korupsi yang sederhana, mengingat pengalaman panjang Bang Karyoto di KPK mulai sejak menjabat sebagai penyidik KPK sampai dengan menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK," sambungnya.

Praswad mengapresiasi janji Karyoto yang akan menuntaskan kasus korupsi tersebut. Di sisi lain, janji Karyoto juga akan menjadi catatan bagi publik baik secara moril ataupun formil.

Terlebih lagi, kedua pimpinan KPK itu yang terseret kasus mencoreng nama komisi antirasuah dalam penegakan kasus korupsi.

"Publik tentu saja mendukung penuh Kapolda dapat segera menuntaskan kasus megaskandal paling memalukan yang pernah terjadi selama KPK berdiri, Ketua KPK justru menjadi terduga pelaku korupsi. Bahkan bukti-bukti perkara tersebut sudah diurai secara gamblang dalam fakta persidangan perkara Syahrul Yasin Limpo di PN Tipikor," jelas Praswad.

Dia juga menegaskan, dengan kiprah panjang Karyoto di KPK akan menjadi optimisme baginya bisa segera menahan Firli Bahuri.

"Harapan kami tentu saja janji tersebut bisa tervalidasi tanpa menunggu waktu lebih lama lagi," ujar Praswad.

"Kami optimis publik dapat segera melihat Firli Bahuri memakai baju oranye," sambung Praswad.

 

2 dari 2 halaman

Kapolda Janji Tuntaskan Kasus Pemerasan Firli Bahuri

Diberitakan sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto berjanji akan menuntaskan semua perkara yang menjerat mantan ketua KPK, Firli Bahuri, termasuk kasus dugaan pemerasan dan pertemuan dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Pengusutan kasus pemerasan Firli Bahuri menjadi lambat karena penyidik sempat mencicil perkara dan berkas telah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Namun, Kapolda Metro Jaya memastikan akan menuntaskan kedua kasus tersebut sekaligus.

Kapolda Metro Jaya berjanji akan memberikan update terkait perkembangan kasus Firli Bahuri. Geser ke atas untuk menemukan ringkasan menarik lainnya.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com