Sukses

Sambut Peringatan Hari Oeang, DJP Banten Gelar Operasi Katarak Gratis

Kegiatan operasi katarak gratis yang digagas Kepala Kanwil DJP Banten Cucu Supriatna ini sudah mulai dilakukan kampanyenya sejak September 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Banten bekerja sama sejumlah pihak menggelar bakti sosial  berupa operasi katarak gratis untuk seluruh warga Banten. Agenda itu digelar dalam rangka menyambut Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-78.

Kegiatan operasi katarak gratis yang digagas Kepala Kanwil DJP Banten Cucu Supriatna ini sudah mulai dilakukan kampanyenya sejak September 2024. Kegiatan baksos ini merupakan kali kedua yang pada sebelumnya juga sukses terlaksana.

Kegiatan kemanusiaan operasi katarak gratis ini bertema "Tulus Dalam Pelayanan, Transformasi Berkelanjutan, Sehatkan Mata, Wujud Pengabdian Kepada Bangsa", dilakukan guna menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa DJP sangat peduli atas isu-isu yang berkembang di masyarakat, termasuk isu kesehatan.

"Gangguan penglihatan masih menjadi permasalahan serius di Indonesia. Sebagian besar gangguan penglihatan tersebut disebabkan oleh katarak. Kami yakin keberadaan kami di tengah-tengah masyarakat dapat lebih bermanfaat dengan memberikan sumbangsih terbaik kami melalui kegiatan bakti sosial ini. Kami juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang mau bekerja sama sehingga pelaksanaan bakti sosial operasi katarak gratis ini berjalan dengan lancar, " ujar Cucu, Minggu (13/10/2024). 

Rangkaian kegiatan baksos sudah terlaksana pada Selasa 8 October 2024. Yang mana melakukan screening terhadap 276 warga Banten calon pasien yang akan mengikuti kegiatan operasi katarak gratis ini. Screening dilakukan di dua tempat, yaitu di Kanwil DJP Banten untuk masyarakat meliputi Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak serta di KPP Pratama Tangerang Timur untuk masyarakat meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Dari screening dapat dilihat apakah kondisi kesehatan pasien mendukung untuk dilakukan tindakan operasi. Apabila hasilnya baik maka lanjut untuk tindakan operasi. Namun jika hasil kurang baik, maka pasien dipulangkan.

Pasien yang hasilnya bagus dapat melanjutkan untuk dioperasi. Dari 359 pasien yang mendaftar, telah dinyatakan 205 pasien yang layak mengikuti operasi katarak pada Sabtu 12 Oktober 2024 di Primaya Hospital Pasar Kemis, Tangerang.

 

2 dari 2 halaman

196 Orang Dioperasi Katarak

Pada pelaksanaan operasi katarak gratis di Primaya Hospital Pasar Kemis, yang berhasil dioperasi sebanyak 196 pasien setelah melewati proses registrasi dan pemeriksaan praoperasi. Kegiatan pasca operasi berupa pelepasan perban mata dilakukan pada Minggu 13 Oktober 2024 di Menara Top Food Alam Sutera, Kota Tangerang. Pelepasan perban sekaligus pengecekan mata apakah ada komplikasi pasca operasi.

Pelaksanaan kegiatan operasi katarak gratis ini merupakan hasil kerja sama Kanwil DJP Banten dan seluruh Kantor Pelayanan Pajak Banten, PERDAMI, Himpunan Bersatu Teguh , ERHA, RS Primaya, dan JHL Foundation.