Sukses

Jokowi Anugerahkan Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti ke 7 Satuan Polri

Penganugerahan disematkan langsung kepada masing-masing kepala satuan saat Apel Persiapan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menganugerahkan tanda kehormatan Republik Indonesia Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan Kepolisian Republik Indonesia. Penganugerahan disematkan langsung kepada masing-masing kepala satuan saat Apel Persiapan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

"Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 138 TK 2024 Tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Nugraha Sakanti. Menganugerahkan Nugraha Sakanti kepada satuan di Lingkungan Polri ditetapkan di Jakarta 14 Oktober 2024," kata Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin saat membacakan salinan keputusan presiden di Mako Brimob Depok, Jawa Barat, Senin (14/10/2024).

Tujuh satuan Polri yang mendapatkan Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Nugraha Sakanti adalah, Kor Brimob Polri, Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korlantas Polri, Div Hubunter Polri, Densus 88 Antiteror Polri, dan Pusdokes Polri.

"Kepada masing-masing satuan dianugerahkan Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti," kata Rudy Saladin.

Usai keputusan dibacakan, Presiden Jokowi lalu menyematkan satu per satu ke dalam pataka satuan tersebut.

Nugraha Sakanti adalah tanda kehormatan yang diberikan kepada sebuah kesatuan di lingkungan Polri yang telah berjasa di bidang kepolisian yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

 

2 dari 3 halaman

Jokowi Terima Medali Kehormatan Loka Praja Samrakshana dari Polri

Sementara itu, Presiden Jokowi dianugerahi medali kehormatan keamanan dan keselamatan publik 'Loka Praja Samrakshana'. Penganugerahan diberikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Senin (14/10/2024).

Medali Loka Praja Samrakshana ini merupakan bentuk apresiasi Polri kepada Jokowi yang dinilai berperan besar dalam pengembangan organisasi Korps Bhayangkara. 

"Jadi dalam apel gelar pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, (Polri) juga akan memberikan kepada Presiden RI Jokowi medali kehormatan Loka Praja Samrakshana, secara langsung diberikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo" kata Karopenmas Divhumas Polri Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (14/10/2024).

Loka Praja Samrakshana merupakan bahasa Sanskerta. Loka Praja Samrakshana dapat diartikan perlindungan terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

"Secara umum kata loka dan praja dapat mengacu pada hal yang sama yaitu negara dan rakyat. Akan tetapi makna tempat hanya dimiliki oleh kata loka. Dalam hal ini loka dapat berarti suatu negara sebagai wilayah, sedangkan praja dapat berarti suatu bangsa atau masyarakat," jelas Pakar Linguistik dari Universitas Indonesia (UI) Atin Fitriana.

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Jokowi dan Prabowo Naik Mobil Komando Maung di Apel Kesiapan Pelantikan Presiden-Wakil Presiden

Presiden Joko Widoso (Jokowi) memimpin jalannya apel kesiapan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029 di Mako Brimob Polri, Depok, Jawa Barat pada Senin (14/10/2024).

Pantauan di lokasi, Presiden Jokowi tiba sekira pukul 08.30 WIB dengan didahului oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Keduanya lalu diterima oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto. 

Keduanya kemudian menaiki mobil komando maung besutan PT Pidad dan sembari memeriksa apel pasukan.Â