Sukses

Jakarta dan IKN Diusulkan Jadi Twin Cities, Begini Konsepnya

Melalui konsep twin cities, diharapkan Jakarta dan IKN dapat berbagi fungsi jangka pendek sebagai ibu kota negara. Pendekatan ini juga diharapkan dapat membantu mengelola tahap transisi pemerintahan.

Liputan6.com, Jakarta - Utusan Khusus Presiden untuk Kerja Sama Internasional Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono mengatakan, Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI) mengusulkan agar Jakarta dan IKN di Kalimantan Timur menjadi kota kembar atau twin cities.

Bambang menyampaikan, konsep twin cities ini awalnya dititipkan oleh ASPI kepadanya untuk disampaikan kepada pemerintah pusat.

"Twin Cities. Itulah konsep yang diusulkan Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (@aspi.indonesia) terkait pembangunan IKN ke depannya, dan "dititipkan" pada saya untuk dapat disampaikan ke pemerintah," kata Bambang dalam Instagram resminya @bambangsusantono, dikutip Senin (14/10/2024).

Menurut mantan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) ini, ASPI sebelumnya juga telah melakukan beberapa tahap kajian mendalam bersama para anggotanya terkait konsep twin cities Jakarta-IKN.

Lalu, ASPI mengusulkan empat skenario pembangunan IKN yang semuanya bertujuan agar proses pembangunan ibu kota negara baru itu dapat kembali on the track sesuai dengan visi misi awal dibangunnya. Dia bilang, melalui konsep kota kembar, ASPI mengusulkan agar Jakarta dan IKN dapat berbagi fungsi dalam jangka pendek.

"Sesuai dengan skenario yang nantinya dipilih, salah satu kota dapat berperan sebagai ibu kota secara legal (de jure), sedangkan kota lainnya menjalankan kegiatan administrasi pemerintahan nasional (de facto), dan masing-masing kota didesain untuk melaksanakan fungsi utama tertentu," kata Bambang Susantono menjelaskan.

 

2 dari 2 halaman

Bantu Mengelola Tahap Transisi Pemerintahan

ASPI, kata Bambang, ingin pendekatan strategis ini diharapkan dapat membantu mengelola tahap transisi pemerintahan saat ini agar berlangsung dengan lebih efektif. Twin cities dimaksudkan agar masing-masing kota bisa memanfaatkan kekuatannya tersendiri.

"ASPI memiliki kualifikasi dan kemampuan untuk urun rembug secara aktif dalam pembangunan ibu kota bersama ini. InsyaAllah pesan ini akan saya sampaikan pada pemerintah saat ini dan yang mendatang, sebagai wujud kerja sama untuk melahirkan sebuah ibu kota berkelanjutan bagi rakyat," ucap Bambang.

Video Terkini