Sukses

Pelantikan Prabowo-Gibran, MPR Bakal Gladi Bersih 19 Oktober 2024

Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan, persiapan pelantikan presiden dan wakil presiden 2024-2029 sudah siap. Menurut dia, secara keseluruhan persentase kesiapannya sudah mencapai 90 persen.

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan, persiapan pelantikan presiden dan wakil presiden 2024-2029 sudah siap. Menurut dia, secara keseluruhan persentase kesiapannya sudah mencapai 90 persen.

“Sudah 90 persen,” kata Ahmad Muzani saat ditemui awak media di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/10/2024).

Dia menambahkan, secara prosesi tidak ada hal yang berbeda saat pelantikan pada 20 Oktober mendatang. Sekjen Gerindra itu pun mengajak masyarakat menyaksikan gladi kotor dan bersih pelantikan Prabowo-Gibran yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat.

“Prosesi sepertinya sama dari rencana prosesi protokol sampai dengan hari ini. Nanti kita akan lihat nanti di gladi kotor dan gladi bersih, 18 geladi kotor, 19 geladi bersih,” ungkap Muzani.

Soal tamu undangan kenegaraan, Muzani mencatat sudah banyak yang konfirmasi hadir. Jumlah itu terus bertambah dan terus dicatat oleh Kementerian Luar Negeri.

“Sudah cukup banyak, jumlahnya lagi terus dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri. Negara ASEAN dan mitra-mitra ASEAN,” tutur sia.

Sementara itu, Muzani memastikan Presiden Joko Widodo akan hadir. Undangan terkait sudah disampaikan pada hari ini.

“Kami mengundang kedatangan Pak Jokowi pada tanggal 20 Oktober hari minggu yang akan datang. Alhamdulillah Pak Jokowi Insyaallah berkenan untuk hadir pada hari minggu yang akan datang,” Muzani menandasi.

2 dari 3 halaman

Gibran Terima Undangan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

 Pimpinan MPR RI bertemu dengan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Selain silaturahmi perkenalan, mereka membahas terkait undangan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta.

Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyampaikan, pihaknya tah lebih dulu menemui Presiden Terpilih Prabowo, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi, dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

“Pertama kami memperkenalkan pimpinan MPR hasil Pemilihan Umum Tahun 2024-2029, yang dilantik pada tanggal 3 Oktober 2024, yang alhamdulilah keseluruhan dari pimpinan MPR yang dilantik tanggal 3 Oktober keseluruhannya hadir. Dan Mas Gibran dalam perkenalan tersebut menyambut dengan baik, menyambut dengan suka cita, dan menyambut dengan kegembiraan,” tutur Muzani di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2024).

Kemudian yang kedua, Muzani menyampaikan persiapan hajat MPR RI untuk melaksanakan sidang MPR RI, dalam rangka pelantikan presiden dan wakil presiden hasil Pemilu 2024.

“Dan kami mengundang calon wakil presiden terpilih dalam hal ini Mas Gibran Rakabuming Raka, untuk hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden. Serta kami menyerahkan undangan kepada beliau untuk hadir dalam acara pelantikan tersebut,” jelas dia.

Menurutnya, Gibran sendiri menyatakan kehadirannya dalam acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, yang akan dilaksanakan pada Minggu, 20 Oktober 2024 sekitar pukul 10.00 WIB di gedung DPR MPR RI, Jakarta.

3 dari 3 halaman

Berharap Berlangsung Lancar

“Kami berharap acara pelantikan akan berlangsung lancar, khidmat, dan baik. Insyaallah seperti sudah kami beritahu acara ini akan disaksikan oleh seluruh rakyat dan bangsa Indonesia. Dan akan juga disaksikan oleh VVIP kepala negara dan kepala pemerintahan,” kata Muzani.

Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan MPR RI atas pertemuan yang baru saja berlangsung.

“Terima kasih sekali pak ketua, para Pimpinan MPR RI hari ini sudah meluangkan waktu untuk menyerahkan undangan secara langsung. Undangan sudah saya terima dengan baik, dan sekali lagi terima kasih dan mohon doanya agar acara di tanggal 20 nanti bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sekali lagi terima kasih Pak Ketua,” ujar Gibran.