Sukses

Budi Gunawan Banjiri Pujian ke Jokowi Usai Diberhentikan sebagai Kepala BIN

Budi Gunawan menyebut bahwa Jokowi adalah pemimpin dengan tingkat kepercayaan terbaik di dunia. Puji-pujian ini disampaikan tak lama setelah Jokowi mengirim surat ke DPR terkait penggantian jabatan Kepala BIN dari Budi Gunawan ke M Herindra.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan memberikan banyak pujian kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas kiprahnya selama 10 tahun memimpin Indonesia. Hal ini disampaikan BG, sapaan karibnya, saat sambutan dalam acara peresmian Amanah Youth Creative Hub di Aceh, Selasa (15/8/2024).

"Yang sangat kita cintai, kita sayangi dan kita banggakan Presiden Republik Indonesia Bapak Ir H Joko Widodo, tepuk tangan untuk beliau," kata Budi Gunawan dalam sambutannya. 

Dia menyebut bahwa Jokowi adalah pemimpin dengan tingkat kepercayaan terbaik di dunia. "Beliau adalah Presiden dengan approval rating terbaik di dunia hingga saat ini, saya rasa tidak berlebihan," ujar BG.

Budi memuji Jokowi yang telah memeratakan pembangunan Indonesia, sehingga tidak hanya Jawa sentris. Menurutnya, Jokowi tulus membangun seluruh wilayah Indonesia.

"Karena bapak betul-betul telah membangun dan memeratakan pembangunan di Indonesia, tidak hanya Jawa sentris, meskipun beliau dari Jawa tapi hatinya betul betul untuk Indonesia, tepuk tangan untuk Presiden kita Bapak Joko Widodo," ucapnya.

BG lalu bicara mengenai padatnya kegiatan Jokowi. Dia berkelakar, hal ini cukup membuat para pembantunya turun berat badan dan menjadi kuat.

"Sedikit bisik bisik di bawah, bahwa katanya kalau mau langsing tidak perlu program khusus, diet khusus, cukup ikut jadwal kegiatan bapak presiden, dijamin langsing dan tambah kuat," kelakar Budi.

"Mari kita doakan beliau selalu sehat dan terus berkontribusi untuk Indonesia emas ke depan, tepuk tangan untuk beliau," sambungnya.

Budi melanjutkan, peresmian Youth Creative Hub di Aceh ini merupakan buah pemikiran Jokowi terhadap anak muda di Aceh. Peresmian ini adalah perintah Jokowi saat sebelumnya meresmikan hal serupa di Papua.

"Hal ini menunjukkan bahwa kecintaan bapak presiden, bapak Joko Widodo terhadap anak muda baik itu diujung timur Indonesia maupun di ujung barat Indonesia sangatlah luar biasa, sekali lagi tepuk tangan untuk beliau," kata Budi.

"Semakin membuktikan bahwa di era beliau pembangunan di Indonesia ini betul-betul merata dari Sabang hingga Merauke," sambung mantan ajudan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri ini.

Budi lalu mengungkap tantangan ketika menjadi anak buah Jokowi. Dia berkata, jika Jokowi sudah memberi perintah, maka harus terealisasi dengan cepat layaknya kisah Bandung Bondowoso.

"Terus terang menjadi anak buah bapak Presiden Joko Widodo ini sangat menantang, karena beliau filosfinya adalah semangat Bandung Bondowoso, kalau sudah perintah membangun di Aceh maka besok satu hari pun harus jadi, tapi mohon izin mohon maaf untuk Aceh ini 1 tahun baru siap bapak," kata Kepala BIN ini menandaskan.

 

2 dari 3 halaman

Jokowi Berhentikan BG Sebagai Kepala BIN

Sementara itu, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI telah menerima surat Presiden Jokowi perihal permohonan pertimbangan pemberhentian dan pengangkatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Saat ini, jabatan Kepala BIN masih diemban oleh Budi Gunawan. 

"Perlu kami beritahukan, bahwa pimpinan dewan telah menerima surat presiden RI Nomor R/51 tanggal 10 Oktober 2024 perihal permohonan pertimbangan pemberhentian dan pengangkatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), selanjutnya surat tersebut telah dibahas dalam takonsul pimpinan DPR RI dan pimpinan fraksi-fraksi DPR RI tanggal 14 Oktober 2024," kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam rapat paripurna, Selasa (15/10/2024).

Namun karena DPR RI periode 2024-2029 belum terbentuk alat kelengkapan dewan (AKD), maka akan dibentuk tim yang dipimpin oleh pimpinan DPR RI untuk membahas surat penggantian jabatan Kepala BIN tersebut.

"Dan mengingat AKD belum terbentuk maka berdasarkan ketentuan pasal 111 dan pasal 112 peraturan DPR RI nomor 1 tahun 2020 tentang tatib maka rapat konsultasi memutuskan membentuk tim yang dipimpin oleh pimpinan DPR yang mempunyai tugas membahas pertimbangan atas pemberhentian dan pengangkatan calon Kepala BIN untuk selanjutnya dilaporkan pada rapur terdekat," imbuh dia.

 

3 dari 3 halaman

Bakal Diganti M Herindra

Puan menyatakan, DPR menerima Surat Presiden mengenai pengangkatan Kepala BIN baru. Puan lantas mengungkap nama Kepala BIN yang diusulkan menggantikan Budi Gunawan adalah M Herindra yang saat ini menjabat Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) 2019-2024.

"Jadi sudah diusulkan satu nama dari Presiden Jokowi. Surpres pergantian Kepala BIN atas nama Pak Herindra," kata Puan.

Rencananya, fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala BIN akan digelar Rabu 16 Oktober 2024. “InsyaAllah akan dilaksanakan fit and proper-nya atau pertimbangan dari DPR-nya itu InsyaAllah besok pagi di DPR,” kata Puan.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebut proses fit and proper test akan dilakukan oleh pimpinan DPR bersama pimpinan fraksi-fraksi di DPR. Sebab, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di komisi-komisi belum terbentuk saat ini.

"Sudah diputusin di rapat konsultasi dan (fit and proper test) dilakukan oleh pimpinan DPR dan pimpinan fraksi," kata Dasco.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com