Sukses

Cuaca Hari Ini 17 Oktober 2024: Langit Pagi Jabodetabek Mayoritas Berawan Tebal

Berdasarkan laporan cuaca yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jakarta di siang hari juga diprediksi mayoritas cerah berawan.

Liputan6.com, Jakarta Langit pagi Jakarta hari ini, Kamis (17/10/2024), diprediksi cerah berawan. Seperti itulah prakiraan cuaca hari ini.

Berdasarkan laporan cuaca yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jakarta di siang hari juga diprediksi mayoritas berawan.

Kemudian cuaca Jakarta malam hari diperkirakan berawan, cerah berawan.

Selanjutnya untuk wilayah penyangga Jakarta, yakni Bekasi, Jawa Barat cuaca pagi hari diprediksi berawan, siang cerah berawan, dan malam berawan.

Sedangkan di Depok dan Kota Bogor, Jawa Barat, diperkirakan langit paginya masing-masing diprediksi berawan dan cerah berawan, siang cerah berawan. Pada malam hari cuaca di depok diprediksi cerah berawan, sedangkan Kota Bogor  berawan.

Sementara itu, di Kota Tangerang, Banten, cuaca pagi dan siang diprediksi berawan tebal, dan malamnya diprediksi cerah berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Berawan Tebal  Berawan Tebal  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat   Berawan Tebal   Berawan   Berawan 
 Jakarta Selatan   Berawan Tebal   Berawan  Berawan
 Jakarta Timur   Berawan Tebal  Berawan  Berawan
 Jakarta Utara   Berawan Tebal  Berawan   Berawan 
 Kepulauan Seribu   Berawan Tebal  Berawan Tebal  Berawan
 Bekasi   Berawan   Cerah Berawan   Berawan 
 Depok   Berawan   Cerah Berawan   Cerah Berawan
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Cerah Berawan   Berawan
 Tangerang  Berawan Tebal  Berawan Tebal  Cerah Berawan
2 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Merasa Lebih Berenergi saat Cuaca Panas?

Dr. Brame memiliki beberapa saran yang bermanfaat untuk mendapatkan kembali energi dan kewaspadaan yang sangat dibutuhkan:

Tetaplah berada di tempat yang teduh untuk mengurangi panas berlebih. Hal ini juga akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Coba kenakan pakaian longgar berbahan alami dan menyerap keringat. Topi bertepi lebar juga membantu meminimalkan paparan sinar matahari.Hindari sinar matahari jika memungkinkan di antara pukul 11.00 dan 15.00, saat matahari sedang terik-teriknya.

Mandi atau berendam dengan air dingin untuk membantu menurunkan suhu tubuh dengan cepat. Pastikan Anda tidak mengalami dehidrasi.

Minumlah banyak cairan dan sediakan segelas air di dekat tempat tidur Anda. Alkohol bersifat diuretik dan akan memperburuk dehidrasi, jadi sebaiknya konsumsi alkohol dalam jumlah sedang dan pastikan Anda juga mengonsumsi banyak cairan nonalkohol.

Kafein juga dapat menyebabkan dehidrasi, jadi sebaiknya dihindari.Makan camilan buah dan sayur karena mengandung banyak mineral dan elektrolit.

Buah beri, pisang, melon, dan bahkan anggur beku merupakan sumber vitamin dan cairan yang baik. Sesekali, camilan asin mungkin diperlukan, terutama jika berolahraga selama lebih dari 2 jam dalam cuaca panas - tetapi Anda harus minum banyak air untuk mengimbanginya.

3 dari 4 halaman

Sejumlah Saran

Dr. Brame memiliki beberapa saran yang bermanfaat untuk mendapatkan kembali energi dan kewaspadaan yang sangat dibutuhkan:

  • Tetaplah berada di tempat yang teduh untuk mengurangi panas berlebih. Hal ini juga akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.
  • Coba kenakan pakaian longgar berbahan alami dan menyerap keringat. Topi bertepi lebar juga membantu meminimalkan paparan sinar matahari.
  • Hindari sinar matahari jika memungkinkan di antara pukul 11.00 dan 15.00, saat matahari sedang terik-teriknya
  • .Mandi atau berendam dengan air dingin untuk membantu menurunkan suhu tubuh dengan cepat.
  • Pastikan Anda tidak mengalami dehidrasi. Minumlah banyak cairan dan sediakan segelas air di dekat tempat tidur Anda.
  • Alkohol bersifat diuretik dan akan memperburuk dehidrasi, jadi sebaiknya konsumsi alkohol dalam jumlah sedang dan pastikan Anda juga mengonsumsi banyak cairan nonalkohol.
  • Kafein juga dapat menyebabkan dehidrasi, jadi sebaiknya dihindari.
  • Makan camilan buah dan sayur karena mengandung banyak mineral dan elektrolit. Buah beri, pisang, melon, dan bahkan anggur beku merupakan sumber vitamin dan cairan yang baik.
  • Sesekali, camilan asin mungkin diperlukan, terutama jika berolahraga selama lebih dari 2 jam dalam cuaca panas - tetapi Anda harus minum banyak air untuk mengimbanginya.
4 dari 4 halaman

Bolehkah Tidur Siang Saat Seperti Ini?

Ya, itu semua tergantung pada alasan mengapa Anda merasa lelah.

"Bagi sebagian dari kita, itu hanya karena mabuk setelah bekerja keras dalam waktu lama sebelum liburan, atau sensasi relaks yang disebabkan oleh kehangatan," kata Dr. Brame. "Tubuh adalah makhluk yang memiliki kebiasaan, dan lebih baik mencoba untuk tetap melakukan rutinitas yang biasa dan mencoba untuk menghindari kepanasan sejak awal."

Yang menarik, tambahnya, kita merasa lebih sejuk di malam hari saat mengenakan piyama karena keringat akan hilang dari kulit oleh pakaian. Jadi telanjang sebenarnya bukanlah solusi terbaik. Memilih bahan alami dan mandi air dingin sebelum tidur akan memberikan keajaiban.

Ingat juga bahwa jika Anda merasa lesu sampai tidak dapat bekerja, atau bersosialisasi, itu bisa menjadi tanda masalah yang lebih serius.

"Kelelahan yang ekstrem bisa lebih mengkhawatirkan," kata Dr. Brame. "Kelelahan karena panas dan (yang lebih serius) sengatan panas berpotensi sangat berbahaya."