Sukses

Kalah Lawan China, Jokowi Optimistis Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Jokowi menanggapi santai soal kekalahan Indonesia dari China di putaran tiga Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Jokowi menyebut kalah dan menang merupakan hal biasa dalam pertandingan sepak bola.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap optimistis Timnas Indonesia bisa lolos ke babak berikutnya dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, meski kalah 1-2 dari China dalam laga pertandingan, Selasa, 15 Oktober 2024. Menurut dia, hal terpenting Timnas Indonesia semangat menghadapi laga-laga selanjutnya.

"Yang paling penting tetap semangat karena kita masih memiliki peluang besar untuk masuk ke ronde berikutnya," kata Jokowi kepada wartawan di Medan, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024).

Dia menanggapi santai soal kekalahan Indonesia dari China di putaran tiga Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Jokowi menyebut kalah dan menang merupakan hal biasa dalam pertandingan sepak bola.

"Ya namanya bola itu ada menang, kadang-kadang ada kalah, kadang-kadang drop itu biasa," ujarnya.

Timnas Indonesia untuk pertama kalinya menelan kekalahan di putaran tiga Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pada Selasa (15/10/2024) malam WIB, pasukan Shin Tae-yong keok 1-2 saat dijamu China di Qingdao Youth Football Stadium.

Kekalahan dari China ini mengakhiri catatan tak terkalahkan Indonesia di tiga laga awal. Sebelumnya Jay Idzes dan kawan-kawan selalu mampu menahan imbang Arab Saudi, Australia dan Bahrain.

Timnas Indonesia sebenarnya menargetkan kemenangan di kandang China. Namun gol-gol Behram Abduweli dan Zhang Yuning di babak pertama meruntuhkan Skuad Garuda. Timnas Indonesia cuma bisa membalas satu gol di babak kedua lewat Thom Haye.

2 dari 3 halaman

Sempat Pesimis

Hasil negatif di kandang China ini sempat membuat banyak kalangan pesimistis Timnas Indonesia bisa lolos langsung ke Piala Dunia 2026 sebagai dua tim terbaik di Grup C. Namun harapan tersebut kembali terbuka.

Pasalnya di laga lainnya yang berlangsung beberapa jam kemudian, Arab Saudi kembali gagal menang di kandang sendiri. Pasukan Roberto Mancini harus bermain imbang tanpa gol saat menjamu Bahrain.

Dengan hasil imbang Arab vs Bahrain, persaingan di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia begitu sengit. Praktis hanya Jepang yang melejit sendiri dengan poin 10 dan belum terkalahkan di empat laga. Segalanya masih terbuka bagi timnas Indonesia, bahkan untuk finis di posisi kedua.

3 dari 3 halaman

Urutan Kelima

Saat ini Indonesia berada di urutan lima dengan poin tiga, unggul selisih gol dari China. Namun Indonesia cuma tertinggal dua angka saja dari Australia, Arab Saudi dan Bahrain yang sudah mendapatkan lima poin.

Masih ada enam pertandingan tersisa bagi timnas Indonesia untuk bisa mengejar mimpi lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Timnas Indonesia punya keuntungan karena masih akan main di kandang sendiri melawan Arab Saudi, Bahrain dan China.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Presiden FIFA Gianni Infantino menyebutkan tiga negara akan menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia 2026 mendatang.

    Piala Dunia 2026

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

Video Terkini