Sukses

Anies dan Ganjar Akan Hadiri Pelantikan Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran

Mantan capres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo akan menghadiri pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI Ahmad Muzani memastikan, dua mantan calon presiden (capres) Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo akan menghadiri pengambilan sumpah atau pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu, 20 Oktober 2024.

"Pak Anies, Mas Ganjar Alhamdulillah insyaallah hadir. Saya sudah berkontak tadi malam, Mas Ganjar menyampaikan kehadirannya, Mas Anies juga menyampaikan kehadirannya," kata Muzani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Sedangkan terkait dengan dua mantan calon wakil presiden yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Mahfud Md, dia belum bisa memastikan kehadiran mereka.

"Saya belum bisa kontak, demikian juga Mas Muhaimin. Tapi Mas Ganjar dan Mas Anies kami sudah berkontak Alhamdulillah," ujar dia.

Muzani mengatakan, akan mengunjungi mantan Wakil Presiden yakni Try Sutrisno pada hari ini. Dia akan memberikan undangan pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden terpilih untuk periode 2024-2029.

"Iya kami hari ini akan mengantarkan undangan pelantikan ke Pak Try Sutrisno, kami mengharapkan beliau sebagai wakil presiden bisa hadir, pada acara pelantikan Presiden dan Wapres 20 Oktober yang akan datang," ujar dia.

Kemudian, untuk rencana memberikan undangan terhadap dua mantan presiden yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Megawati Soekarnoputri direncanakan besok, Kamis 17 Oktober 2024.

"(SBY) Mungkin besok, karena ada beberapa kegiatan yang sudah direncanakan. (Mega) Iya sedang direncanakan juga, mungkin besok," pungkasnya.

 

2 dari 2 halaman

Pelantikan Prabowo-Gibran, MPR Bakal Gladi Bersih 19 Oktober 2024

Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan, persiapan pelantikan presiden dan wakil presiden 2024-2029 sudah siap. Menurut dia, secara keseluruhan persentase kesiapannya sudah mencapai 90 persen.

"Sudah 90 persen," kata Ahmad Muzani saat ditemui awak media di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/10/2024).

Dia menambahkan, secara prosesi tidak ada hal yang berbeda saat pelantikan pada 20 Oktober mendatang. Sekjen Gerindra itu pun mengajak masyarakat menyaksikan gladi kotor dan bersih pelantikan Prabowo-Gibran yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat.

"Prosesi sepertinya sama dari rencana prosesi protokol sampai dengan hari ini. Nanti kita akan lihat nanti di gladi kotor dan gladi bersih, 18 geladi kotor, 19 geladi bersih," ungkap Muzani.

Soal tamu undangan kenegaraan, Muzani mencatat sudah banyak yang konfirmasi hadir. Jumlah itu terus bertambah dan terus dicatat oleh Kementerian Luar Negeri.

"Sudah cukup banyak, jumlahnya lagi terus dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri. Negara ASEAN dan mitra-mitra ASEAN," tutur dia.

Sementara itu, Muzani memastikan Presiden Joko Widodo akan hadir. Undangan terkait sudah disampaikan pada hari ini.

"Kami mengundang kedatangan Pak Jokowi pada tanggal 20 Oktober hari minggu yang akan datang. Alhamdulillah Pak Jokowi Insyaallah berkenan untuk hadir pada hari minggu yang akan datang," tandas Muzani.

 

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Video Terkini