Sukses

Program Asta Cita Prabowo-Gibran Diharap Bisa Navigasi Indonesia Menuju Kemandirian Ekonomi

PB HMI berharap Prabowo dan Gibran tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, tetapi juga pada pengembangan mental dan karakter bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Bidang Hukum, Keamanan dan pertahanan M. Nur Latuconsina berharap Asta Cita sebagai sebagai peta jalan masa depan Indonesia yang diusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dapat menjawab berbagai tantangan bangsa, terutama dalam aspek ekonomi, pendidikan, dan pembangunan sumber daya manusia.

“Program Asta Cita harus mampu menjadi kompas dalam menavigasi Indonesia menuju kemandirian ekonomi, pemerataan pembangunan, dan penguatan pendidikan. Kami, PB HMI, akan mengawal pemerintahan baru ini agar setiap cita-cita dalam program tersebut benar-benar diwujudkan dan dirasakan oleh masyarakat luas,” ujar Latuconsina, Jakarta, Rabu (16/10/2024).

PB HMI menyoroti beberapa poin utama dari Asta Cita yang menjadi perhatian khusus, yaitu, pertama peningkatan kemandirian ekonomi nasional dengan fokus pada pengembangan sektor UMKM dan industri lokal yang berbasis sumber daya dalam negeri.

“Kedua, reformasi pendidikan dengan mengutamakan kualitas dan akses pendidikan, terutama di wilayah terpencil dan tertinggal,” sambungnya.

Ketiga, pembangunan Infrastruktur yang Inklusif dengan mendorong pembangunan infrastruktur yang merata, tidak hanya di pulau Jawa tetapi juga di wilayah-wilayah luar Jawa.

Keempat, penguatan kelembagaan hukum. Dan terakhir peningkatan kesejahteraan sosial.

2 dari 2 halaman

Pengembangan Mental dan Karakter

Latuconsina menambahkan bahwa PB HMI berharap Prabowo dan Gibran tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, tetapi juga pada pengembangan mental dan karakter bangsa.

“Aspek ini sangat penting untuk membentuk generasi muda yang tangguh dan berdaya saing global. Bangsa ini membutuhkan pemimpin yang mampu menyeimbangkan pembangunan infrastruktur dengan pembangunan mental. Asta Cita harus menjadi katalis bagi perubahan, bukan hanya janji politik semata,” tegas Latuconsina.

Diketahui, pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 20 Oktober 2024.

Video Terkini