Sukses

Cegah Banjir Terulang, Pramono Bakal Bebaskan Lahan di Bantaran Kali Krukut

Untuk mengatasi banjir di daerah bantaran kali Krukut harus bekerja sama dengan pemerintah pusat dalam hal ini melakukan pengerukan dan pembebasan lahan.

Liputan6.com, Jakarta Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung blusukan ke bantaran Kali Krukut di Kelurahan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Selasa (15/10/2024). Tinjauan ini penting untuk mencari solusi pada daerah yang sering dilanda banjir.

Tiba di lokasi sore hari, Pramono menyusuri gang sempit untuk menuju bantaran Kali Krukut yang berada di belakang rumah warga. Dari situ, Pramono menyadari bahwa banjir yang terjadi merupakan kiriman dari daerah lain.

Pramono menyatakan sudah membayangkan apa yang harus dilakukan di bantaran kali Krukut jika nanti terpilih sebagai gubernur.

"Mau tidak mau memang harus ada pembebasan," ucap Pramono saat berdialog dengan warga.

Menurutnya, penggalian perluasan kali Krukut harus sudah dilakukan jika tidak ingin banjir terus menerus terjadi.

2 dari 2 halaman

Mas Pram Bakal Gandeng Pemerintah Pusat

Untuk mengatasi banjir di daerah bantaran kali Krukut harus bekerja sama dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pramono mengatakan ada dua harus dikerjasama yaitu pengerukan dan pembebasan lahan.

"Pembebasan lahan selalu yang menjadi tanggung jawab adalah pemerintah provinsi," jelas Pramono usai berdialog dengan warga.

Pramono mengatakan untuk pembebasan lahan sebelumnya pernah dilakukan oleh mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Namun belum diselesaikan. Sehingga perlu dilanjutkan.

"Kalau memang saya lihat di lapangan tadi ini bisa ditangani," kata Pramono.

Ditegaskan oleh Pramono bahwa permasalahan banjir di Jakarta tidak bisa ditangani sendirian oleh pemerintah provinsi.

"Enggak mungkin ini diselesaikan hanya oleh pemerintah provinsi harus kerja sama provinsi dan pemerintah pusat," pungkasnya.

 

(*)