Sukses

Sukses Pikat Milenial dan Gen Z di Sulut, Elektabilitas Pasangan SK-ADT Melejit

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara nomor urut 3, Steven Kandouw dan Alfred Denny Tuejeh (SK-ADT) sukses memikat pemilih muda, terutama kalangan milenial dan Gen Z.

Liputan6.com, Manado Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara nomor urut 3, Steven Kandouw dan Alfred Denny Tuejeh (SK-ADT) sukses memikat pemilih muda, terutama kalangan milenial dan Gen Z. Pasalnya, program-program strategis yang ditawarkan (SK-ADT) dianggap relevan dan sesuai dengan aspirasi pemilih muda.

Berkat hal tersebut, elektabilitas (SK-ADT) terus menunjukkan tren positif dan meningkat sangat signifikan dalam lima bulan terakhir berdasar survei terbaru yang dirilis dua lembaga ternama, yakni Indonesian Politic Research dan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Hasil Survei Indonesian Politic Research yang dilakukan dari 30 September hingga 11 Oktober 2024 mengungkapkan bahwa Steven Kandouw berhasil meraih dukungan sebesar 47% dari total responden menyalip pasangan calon Elly Lasut dan Hanny Joost Pajouw (E2L-HJP).

Direktur Indonesian Politic Research, Saputra Adi Sagara mengungkapkan, peningkatan tersebut mencerminkan apresiasi masyarakat terhadap rekam jejak Kandouw, khususnya selama menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulut bersama Gubernur Olly Dondokambey.

"Terobosan-terobosan positif dalam pembangunan, serta visi misi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Sulut, menjadi faktor utama melonjaknya dukungan tersebut," ungkapnya.

Sedangkan, Survei LSI Denny JA juga menunjukkan lonjakan elektabilitas yang signifikan bagi pasangan SK-ADT. Hasil survei yang dilakukan dari 1 hingga 7 September 2024 menunjukkan bahwa Steven Kandouw, yang sebelumnya hanya meraih 11% pada Maret 2024, kini berhasil melonjak hingga 32,6%.

Kenaikan sebesar 21,6% dalam rentang waktu 5 bulan ini merupakan kenaikan tertinggi dibandingkan calon-calon lain dalam Pilkada Sulut 2024.

Direktur Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA Toto Izul Fatah, menilai bahwa kenaikan elektabilitas ini sangat signifikan, terutama karena Steven Kandouw dan Alfred Denny Tuejeh semakin mendapat dukungan dari kalangan pemilih milenial dan Gen Z.

"Momentum ini akan semakin menguatkan posisi Steven Kandouw menjelang pemilihan yang akan datang, terutama dengan tingginya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerjanya selama ini," ujarnya.

"Salah satu faktor pendorong peningkatan elektabilitas pasangan SK-ADT adalah keberhasilan mereka dalam menarik perhatian generasi muda, terutama kalangan milenial dan Gen Z," jelas Toto.

2 dari 2 halaman

Sosok Tuejeh Dongkrak Elektabilitas

Kehadiran Letjen (Purn) TNI Alfred Denny Tuejeh sebagai calon wakil gubernur memberikan kekuatan baru. Pasalnya, kenaikan elektabilitas Steven Kandouw diperkuat dengan Tuejeh sebagai cawagub.

Dengan latar belakang militer dan pengalaman dalam kebijakan publik, Tuejeh menjadi daya tarik bagi para pemilih yang menginginkan kepemimpinan yang tegas namun penuh integritas. Tren positif tersebut memberi sinyal kuat bahwa pasangan SK-ADT semakin kokoh di jalur menuju kemenangan.

Banyak pihak memprediksi bahwa dengan dukungan masyarakat yang terus mengalir, pasangan ini akan sulit dikejar oleh kandidat lain seperti Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Yulius Selvanus Komaling (YSK), yang elektabilitasnya terlihat stagnan dalam survei terbaru.

Kampanye yang efektif serta program-program strategis yang diusung oleh Steven Kandouw dan Alfred Denny Tuejeh dinilai mampu menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat Sulut, mulai dari pembangunan infrastruktur hingga peningkatan kesejahteraan ekonomi lokal.

Dukungan kuat pemilih muda, peningkatan elektabilitas yang signifikan, serta rekam jejak yang solid membuat Steven Kandouw dan Denny Tuejeh semakin dipercaya oleh masyarakat Sulawesi Utara sebagai pasangan calon yang mampu membawa perubahan nyata dan keberlanjutan pembangunan di daerah ini.

 

(*)

Video Terkini