Sukses

Polisi Terapkan Skala Prioritas Pengguna Jalan Selama Pelantikan Presiden-Wapres

Agenda car free day atau CFD di Jalan Sudirman-Thamrin akan ditiadakan

Liputan6.com, Jakarta - Polisi akan menerapkan pengaturan lalu lintas selama momen pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden (Wapres) Terpilih Gibran Rakabuming Raka di Gedung DPR MPR RI, pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Hal itu dilakukan di sejumlah ruas jalan, khususnya Jalan Sudirman-Thamrin yang nantinya bersifat situasional sambil memperhatikan skala prioritas.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyampaikan, agenda car free day atau CFD di Jalan Sudirman-Thamrin akan ditiadakan. Sebab, Jalan Sudirman-Thamrin termasuk dari Istana Negara hingga Gedung DPR MPR RI dipersiapkan untuk aktivitas presiden hingga para tamu kenegaraan.

“VVIP, baik jalur Presiden Terpilih maupun Presiden Pak Jokowi yang nantinya akan melintas di jalur Sudirman-Thamrin. Tentunya aktivitas masyarakat khususnya pengguna kendaraan bermotor ini akan sedikit terganggu,” tutur Latif kepada wartawan, Kamis (17/10/2024).

“Sehingga kami akan memberlakukan skala prioritas,” sambungnya.

2 dari 2 halaman

Minta Maaf

Dia pun meminta maaf kepada seluruh masyarakat, khususnya yang melaksanakan aktivitas di Jalan Sudirman-Thamrin dan sekitarnya lantaran nantinya terdampak pengaturan lalu lintas.

“Mungkin pada saat jam-jam perjalanan tamu VVIP karena ada banyak kepala negara yang akan hadir, tentunya kita juga menghormati tamu tersebut, akan kita utamakan tamu tersebut untuk melewati Jalan Sudirman-Thamrin,” jelas dia.

Latif merinci, pengalihan arus lalu lintas juga akan diberlakukan antara lain di kawasan Harmoni, Patung Kuda, Bundaran HI, Lingkar Semanggi, termasuk Bundaran Senayan. Dengan tidak adanya CFD, penggunaan kendaraan bermotor di Jalan Sudirman-Thamrin akan berjalan normal.

“Jadi masyarakat yang istilahnya aktivitas biasa, akan sedikit kami kalahkan. Jadi sekali lagi kami memohon maaf,” Latif menandaskan.