Sukses

Pelantikan Prabowo-Gibran 20 Oktober 2024, DLH Jakarta Bakal Terjunkan Ratusan Petugas Kebersihan

Asep menjelaskan, personel kebersihan tersebut secara khusus akan bertugas di sejumlah lokasi utama yang menjadi pusat pelaksanaan acara dan keramaian massa. Semisal di Jalan Sudirman-Thamrin.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta siap menurunkan ribuan personel untuk menjaga kebersihan pada acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan digelar pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Pasukan kebersihan akan ditempatkan di berbagai titik strategis untuk memastikan Jakarta tetap bersih baik selama acara berlangsung, ataupun setelahnya.

"Kami akan menerjunkan 600 personel pada saat persiapan, dan 800 personel saat acara berlangsung," kata Kepala DLH DKI Jakarta, Asep Kuswanto dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (17/10/2024).

Asep menjelaskan, personel kebersihan tersebut secara khusus akan bertugas di sejumlah lokasi utama yang menjadi pusat pelaksanaan acara dan keramaian massa. Semisal di Jalan Sudirman-Thamrin.

"Petugas dikonsentrasikan di area sekitar Gedung DPR/MPR RI, Istana Negara, Kawasan Monas, Jl. Thamrin-Sudirman, serta sekitar Bandara Halim Perdanakusuma," katanya.

Selain itu, DLH DKI Jakarta juga bakal mengerahkan berbagai sarana dan prasarana untuk menjaga kebersihan, termasuk 45 unit Road Sweeper, 15 unit Truk Anorganik, 10 unit Mini Dump Truck, 13 bis toilet serta fasilitas kebersihan yang menunjang masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

"Kami juga menempatkan banyak tempat sampah tambahan di area-area publik untuk memudahkan masyarakat menjaga kebersihan selama acara berlangsung," ucap Asep.

 

2 dari 2 halaman

Titik Keramaian

Menurut Asep, ada titik-titik keramaian yang diprediksi akan dipadati oleh masyarakat yang ingin menyaksikan acara secara langsung. Di antaranya Gedung DPR/MPR, Istana Negara, dan sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman.

"DLH juga memberikan perhatian khusus sekitar hotel-hotel tempat tamu kenegaraan menginap serta jalur lintasan mereka," kata dia.

DLH, ujar Asep telah menyusun skema penanganan kebersihan dalam tiga tahap, yakni persiapan, pelaksanaan, dan pasca-acara. Adapun pembersihan persiapan akan dilakukan mulai 17-19 Oktober 2024.

"Pada hari H tanggal 20 Oktober kami akan melakukan pembersihan secara intensif, dan setelah acara selesai, pembersihan pasca-acara akan berlangsung pada 21 hingga 22 Oktober," tuturnya.

Video Terkini