Sukses

Jelang Pensiun, Jokowi Kumpulkan Semua Menteri-Wamen Kabinet di Istana Negara

Jokowi mengajak para jajaran kabinet makan siang bersama, sebelum masa pemerintahannya berakhir pada 20 Oktober 2024.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumpulkan semua menteri, wakil menteri (Wamen), hingga kepala badan kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2024). Jokowi mengajak para jajaran kabinet makan siang bersama, sebelum masa pemerintahannya berakhir pada 20 Oktober 2024.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, para menteri, wakil menteri, dan kepala badan mulai mendatangi Istana Kepresidenan Jakarta pukul 12.30 WIB. Wapres Ma'ruf Amin juga ikut dalam acara makan siang bersama ini.

Para menteri sempat menyapa awak media sebelum masuk ke dalam Istana Negara. Adapun makan siang bersama ini merupakan pertemuan terakhir antara Jokowi-Ma'ruf Amin dengan jajaran kabinet sebelum kabinet Indonesia Maju dibubarkan.

"Jadi, ini semacam pertemuan terakhir antara bapak Presiden dengan anggota kabinet dan itu dilakukan lebih rileks melalui makan siang bersama," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat (18/10/2024).

Mereka yang telah hadir di antaranya Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Koperasi/UKM Teten Masduki, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Kemudian, Menkeu Sri Mulyani, Wamenkeu Thomas Djiwandono, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Staf Kepresidenan Meoldoko, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo, hingga Wamenkeu Thomas Djiwandono.

 

2 dari 3 halaman

Jokowi Akan Naik Pesawat Komersial dari Halim Usai Pelantikan Prabowo-Gibran

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah dengan menggunakan pesawat komersial, usai pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden-Wapres RI periode 2024-2029, pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi mengatakan Jokowi akan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, menuju Solo. Penerbangan Jokowi dijadwalkan pukul 15.00 WIB.

"Betul. Naik pesawat komersial dari Halim. Tanggal 20 Oktober jam 15.00," kata Budi Arie saat dikonfirmasi Liputan6.com, Rabu (16/10/2024).

Dia belum bisa memastikan maskapai penerbangan yang akan digunakan Jokowi untuk pulang ke Solo, usai purna tugas sebagai presiden. Berdasarkan penelusuran, maskapai yang memiliki rute Halim Perdanakusuma-Adi Soemarmo, Solo hanya Citilink dan Batik Air.

Jokowi kemungkinan besar akan menggunakan pesawat komersial Citilink untuk pulang ke Solo. Di sisi lain, Garuda Indonesia tidak memiliki rute Halim-Adi Soemarmo.

"Kalau enggak salah (pesawat) Citilink atau Garuda," ucap Budi Arie.

 

3 dari 3 halaman

Presiden 2 Periode

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres tersebut, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Masa jabatan Jokowi-Ma'ruf Amin akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Sebagai pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang.

Video Terkini