Sukses

Profil Pratikno, Menteri Jokowi yang Jadi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Prabowo

Presiden Prabowo Subianto resmi menunjuk Pratikno sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemasyarakatan. Penunjukan tersebut diumumkan Prabowo usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Istana Negara.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto resmi menunjuk Pratikno sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Penunjukan tersebut diumumkan Prabowo usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Istana Negara, pada Minggu malam (20/10/2024).

Pratikno, yang memiliki rekam jejak kuat di dunia akademik dan pemerintahan, sebelumnya menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama dua periode.

Sebelum terjun ke panggung politik nasional, Pratikno pernah memimpin Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai Rektor, setelah diangkat sebagai Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM pada tahun 2010.

Pratikno lahir di Bojonegoro, 13 Februari 1962. Dia hijrah ke Yogyakarta untuk menimba ilmu di bidang politik dan pemerintahan di kampus UGM pada tahun 1986

Ia kemudian melanjutkan studinya di University of Birmingham, Inggris, dan memperoleh gelar M.Soc.Sc. di bidang Development Administration pada tahun 1991.

Jejak akademis Pratikno tak berhenti di situ. Ia melanjutkan pendidikan doktoralnya di Flinders University of South Australia, mengambil jurusan Asian Studies.

Berbekal latar belakang pendidikan dan pengalaman yang luas, Pratikno kini dihadapkan pada tugas berat sebagai Menko Bidang Kemasyarakatan untuk membantu mengatasi berbagai isu sosial yang kompleks di Indonesia.

2 dari 3 halaman

Karier

Prof Pratikno, M.Soc.Sc menjabat sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Maret 2012. Sebelum menjadi rektor, dia dinobatkan menjadi Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM pada 2010.

Pada pilpres 2009 silam, Pratikno mendapat kepercayaan KPU untuk menjadi salah satu pemandu debat calon presiden dan diangkat sebagai tim seleksi anggota KPU dan Bawaslu.

Selama menempuh karir di dunia akademik, Pratikno banyak melakukan penelitian serta menulis artikel pada bidang keahliannya yaitu politik lokal dan jaringan pemerintahan.

Dia juga seringkali mengisi workshop menjelang pemilu dan pilkada sebagai pembicara.

3 dari 3 halaman

Orang Dekat Jokowi

Pratikno dikenal sebagai orang dekat Jokowi selama kampanye Pilpres 2014. Dan pada pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), Pratikno menjabat Menteri Sekretaris Negara sejak 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 dan 23 Oktober 2019 hingga 2024.

Dia disebut-sebut tergabung dalam Tim 3 bersama pengamat politik dari UI Andrinof Chaniago dan pengamat politik dari UGM Cornelis Lay.

Salah satu tugas Tim 3 adalah memfinalisasi arsitektur kabinet dan lembaga kepresidenan yang disusun oleh Tim Transisi di bawah Andi Widjajanto.

Video Terkini