Sukses

Istana Siapkan Alphard 'AD 1 JKW' untuk Kendaraan Jokowi Usai Pensiun

Pihak Istana telah menyiapkan mobil Alphard berpelat nomor polisi 'AD 1 JKW' untuk kendaraan Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai purna tugas sebagai presiden pada 20 Oktober 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Istana telah menyiapkan mobil Alphard berpelat nomor polisi 'AD 1 JKW' untuk kendaraan Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai purna tugas sebagai presiden pada 20 Oktober 2024. Mobil itu disiapkan untuk mengantar Jokowi ke bandara menuju Solo, Jawa Tengah.

"Iya (Alphard AD 1 JKW) untuk rencana Pak Presiden. Iya, sebelum apakah beliau lewat darat ataupun ke bandara kan perlu kendaraan juga mengantarkan ke sana," jelas Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat (18/10/2024).

Dia menuturkan pihak Istana menyiapkan beberapa opsi kendaraan untuk transportasi Jokowi setelah tak lagi menjabat sebagai presiden. Namun, Ari belum dapat memastikan kendaraan apa yang akan dipakai Jokowi.

"Saya belum update, tapi teman-teman sudah melihat ada beberapa kendaraan yang sudah disiapkan untuk bawa presiden," ujar dia.

Selain itu, pihak Istana menyiapkan berbagai skenario kepulangan Jokowi dari Jakarta ke Solo. Ari menyebut ada opsi Jokowi pulang ke Solo dengan pesawat komersial dan jalur darat.

"Mengenai skenario kembali ke Solo itu intinya Kementerian Sekretariat Negara menyiapkan berbagai skenario ya. Apakah beliau akan berkenan melalui darat atau melalui udara, pesawat komersinya seperti apa, nanti akan di-update," tutur Ari.

2 dari 2 halaman

Jokowi Pulang ke Solo, Minggu sore 20 Oktober 2024

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan akan langsung pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, usai Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 pada 20 Oktober 2024. Jokowi akan pulang ke Solo pada 20 Oktober sore hari.

"Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo," kata Jokowi di JCC Senayan Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Jokowi enggan mengungkapkan apa kegiatan yang akan dilakukannya usai tak lagi menjadi presiden. Dia hanya menyebut akan tidur di kediamannya di Solo.

"Pulang ke Solo dulu, tidur," ujarnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres tersebut, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Masa jabatan Jokowi-Ma'ruf Amin akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Sebagai pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang.

Â