Sukses

Perpisahan dengan Menteri, Jokowi: 20 Oktober Saya ke Solo, Silakan Kalau Ingin Mampir ke Rumah

Jokowi mengatakan dirinya akan langsung pulang ke Solo, Jawa Tengah usai pensiun pada 20 Oktober 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumpulkan para jajaran menteri, wakil menteri, kepala badan kabinet Indonesia Maju untuk makan siang sekaligus perpisahan di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2024). Jokowi mengatakan dirinya akan langsung pulang ke Solo, Jawa Tengah usai pensiun pada 20 Oktober 2024.

Jokowi pun mempersilahkan para menteri, wakil menteri, dan kepala badan mampir ke rumahnya apabila berkunjung ke Solo. Dia akan membuka pintu rumahnya untuk para menteri maupun kepala badan yang ingin menemuinya di rumah.

"Hari Minggu siang saya akan pulang ke Solo. Kalau ada yang pas ke Jogja 30 menit nanti lewat tol bisa silakan kalau ada yang ingin ke Solo. Kalau pakai jalan tol ada yang ke Surabaya lewatnya pasti harus lewat Solo, silakan juga kalau ingin mampir ke rumah," kata Jokowi saat memberi sambutan dalam acara santap siang bersama di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Dia mengingat perjalanan 10 tahun pemerintahannya, di mana banyak momen penting dan dinamika yang telah mereka lalui bersama. Jokowi ingat betul banyak hal yang didebatkan saat rapat kabinet.

"Kita telah lalui bersama-sama, banyak tantangan-tantangan yang kita diskusikan, kita debatkan, kita ramaikan di dalam rapat-rapat kabinet, rapat terbatas, dan rapat internal," ujarnya.

 

2 dari 3 halaman

Ucapkan Terima Kasih

Jokowi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kerja keras seluruh kabinetnya selama satu dekade terakhir. Dia berharap apa yang telah dikerjakan bersama dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan, atas _support_, atas kerja keras untuk negara ini. Dan saya berharap apa yang sudah kita lakukan dalam 10 tahun ini bermanfaat bagi rakyat, bermanfaat bagi negara, bermanfaat bagi bangsa kita yang kita cintai," tutur Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan selamat bekerja kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto dan kabinet barunya. Dia mengucapkan permintaan maaf kepada seluruh jajarannya jika selama masa interaksi dan kerja sama ada hal-hal yang kurang berkenan.

"Sekali lagi mohon maaf," ucap Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

Presiden 2 Periode

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres tersebut, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Masa jabatan Jokowi-Ma'ruf Amin akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Sebagai pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang.