Sukses

Rumah Potong Hewan di Pasar Cisalak Depok Kebakaran, 1 Petugas Dilarikan ke Rumah Sakit

Kasi Penyelamatan DPKP Kota Depok, Tessy Haryati mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 19.40 WIB. DPKP Kota Depok mendapatkan informasi terkait kebakaran rumah potong hewan sekitar pukul 19.50 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran terjadi di sekitar area Pasar Cisalak, tepatnya pada rumah potong hewan. Api menghanguskan bangunan rumah potong hewan diduga sebagai pemotongan ayam dan mengakibatkan satu petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok dilarikan ke rumah sakit.

Kasi Penyelamatan DPKP Kota Depok, Tessy Haryati mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 19.40 WIB. DPKP Kota Depok mendapatkan informasi terkait kebakaran rumah potong hewan sekitar pukul 19.50 WIB.

“Hari ini kita di Pasar Cisalak, kebetulan di rumah potong hewan yang kebakar,” ujar Tessy, Jumat (18/10/2024) malam.

Tessy menjelaskan, rumah potong hewan yang terbakar memiliki luas sekitar 1.000 meter persegi. Pada area tersebut terdapat bangunan dua lantai yang dijadikan sebagai tempat pemotongan hewan ayam.

“Pemilik rumah potong hewan yakni Muntami (62) dan pegawainya Fauzi (39),” jelas Tessy.

Pada saat kejadian, lanjut Tessy, pemilik rumah potong hewan tidak berada di lokasi, namun hanya pegawainya yang berada di sekitar lokasi. Berdasarkan keterangan Fauzi, sempat mendengar dan melihat adanya api yang berkobar.

“Iya pegawainya sempat melihat ada api yang berkobar di dalam rumah potong ayam,” terang Tessy.

Melihat rumah potong hewan yang terbakar, warga sekitar berusaha memadamkan api dan menghubungi DPKP Kota Depok. Saat kejadian kebakaran, rumah potong hewan sedang tidak melakukan aktivitas pemotongan.

“Namun dilihat tidak ada penyebabnya (pemicu kebakaran), karena semua personelnya berada di luar,” ucap Tessy.

Tessy mengerahkan 10 unit mobil dan 40 petugas DPKP Kota Depok untuk memadamkan api. DPKP Kota Depok berusaha melokalisir api sehingga tidak merambat ke sejumlah bangunan kios yang berada Pasar Cisalak.

Alhamdulillah kami bisa melokalisasi tidak sampai ke kios yang lain,” ungkap Tessy.

 

2 dari 3 halaman

Api Berhasil Dipadamkan

DPKP Kota Depok berhasil memadamkan api dan berusaha melakukan pendinginan di area lokasi bangunan yang terbakar. Pihaknya menduga, api berasal dari korsleting listrik pada bangunan rumah potong hewan.

“Kami menduga ada korsleting listrik, karena dari percakapan tadi dengan pemilik, tidak ada aktifitas di dalam dan tidak ada yang membuang puntung rokok karena memang sterilisasi itu,” tutur Tessy.

Sementara, salah seorang warga, Nasrudin mengatakan, pada peristiwa kebakaran, sejumlah warga dan pedagang berlarian dari area belakang menuju depan Pasar Cisalak. Sejumlah warga berteriak kebakaran dan meminta bantuan pertolongan.

“Pada teriak kebakaran di area rumah potong hewan, pemotongan ayam,” ujar Nasrudin.

 

3 dari 3 halaman

Kronologi

Nasrudin berusaha mendekati rumah potong hewan dan melihat kobaran api sudah cukup tinggi. Tidak lama berselang mobil DPKP Kota Depok mendekati area lokasi kebakaran untuk memadamkan api.

“Petugas Damkar tidak lama langsung datang dan berusaha memadamkan api,” terang Nasrudin.

Nasrudin menambahkan, pada saat kejadian kebakaran sempat melihat seorang petugas dilarikan ke sebuah mobil. Diduga petugas tersebut mengalami gangguan pernafasan saat memadamkan api.

“Katanya mah, sesak karena menghirup asap saat memadamkan api, tadi langsung dibawa ke rumah sakit,” pungkas Nasurdin.

Video Terkini