Sukses

Projo Sebut Prabowo Akan Antar Jokowi ke Bandara Halim untuk Pulang ke Solo

Presiden terpilih, Prabowo Subianto disebut akan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuju Bandara Halim Perdanakusuma sebelum bertolak ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih, Prabowo Subianto disebut akan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuju Bandara Halim Perdanakusuma sebelum bertolak ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. Selain Prabowo, sejumlah pendukung Jokowi juga direncanakan ikut mengawal.

"Pak Jokowi sekitar jam 02.00 atau jam 03.00 (siang) beliau akan bertolak ke Halim Perdanakusuma. Insya Allah juga akan diantar langsung oleh Bapak Prabowo, dan banyak juga rakyat yang sudah siap mengantarkan Pak Jokowi ke Halim. Baru beliau akan bertolak dari Halim Perdanakusuma ke Solo, kampung halamannya," ujar Bendahara Umum Projo, Panel Barus, di DPP Projo kepada wartawan, Sabtu (19/10/2024).

Panel juga menambahkan bahwa para relawan Projo di Solo siap menyambut kepulangan Jokowi dengan antusiasme tinggi.

"Itu pilihan ribu rakyat udah mau sambut di sana. Ada ekspresi-ekspresi dalam bentuk baliho, spanduk, itu bentuk yang orisinil. Ada rakyat yang keluar gang-gang lambaikan tangan, itu saya pikir ekspresi yang orisinil, bukan dibuat. Jangan dimaknai yang beda untuk solid gitu," klaim Panel Barus.

Panel juga mengungkapkan bahwa Jokowi akan beristirahat di Solo, tetapi belum ada informasi mengenai kegiatan selanjutnya.

"Yang saya dapat kabar, Jokowi akan istirahat di kampung halamannya. Untuk aktivitas selanjutnya belum tahu ya," lanjut Panel.

 

2 dari 3 halaman

Bertolak ke Istana

Sementara itu, Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, menjelaskan bahwa setelah dilantik menjadi Presiden pada Minggu (20/10), Prabowo akan langsung bertolak ke Istana Negara, di mana Jokowi akan menyambutnya sebagai presiden baru.

"Rencananya Pak Prabowo setelah dilantik, besok beliau akan menuju Istana. Kemudian sebelum perjalanan rencananya Pak Jokowi akan mendahului menuju Istana dan kemudian Pak Jokowi akan menyambut presiden yang baru dilantik," kata Muzani di lobby Gedung Kura-Kura DPR/MPR, Sabtu (19/10).

Setelah acara pisah sambut, Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Solo, dan Prabowo dijadwalkan mengadakan gala dinner sekaligus mengumumkan susunan kabinetnya.

"Malamnya baru dinner kepala negara, setelah itu mengumumkan kabinet," tambah Muzani.

3 dari 3 halaman

Pelantikan Prabowo-Gibran

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI akan menggelar sidang paripurna dengan agenda Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Masa jabatan 2024-2029 pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka itu akan digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Berdasarkan informasi yang diterima, gladi kotor pelantikan akan digelar hari ini, Jumat pukul 14.00 WIB, sementara gladi bersih akan digelar pada Sabtu (19/10/2024).

Menurut jadwal yang diterima, pelantikan akan dimulai tepat pukul 10.00 WIB, dan pengucapan sumpah presiden akan dilakukan pukul 10.26 WIB.

Sementara pidato pertama presiden usai dilantik akan dilakukan pada pukul 10.46 WIB. Siang paripurna akan selesai tepat pukul 11.23 WIB dan selanjutnya Presiden dan Wapres terpilih meninggalkan gedung MPR menuju Istana Negara.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com