Sukses

Pelantikan Prabowo-Gibran, KAI Commuter Siagakan 325 Petugas Tambahan

PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) akan menyiagakan 325 petugas pengamanan tambahan di stasiun dan dalam kereta pada pelantikan presiden dan wakil presiden yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (20/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) akan menyiagakan 325 petugas pengamanan tambahan di stasiun dan dalam kereta pada pelantikan presiden dan wakil presiden yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (20/10/2024).

"Kami menyiagakan tenaga-tenaga perbantuan pengamanan, tambahan petugas pengamanan ada sekitar 325 petugas," ujar Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (19/10/2024).

Petugas pengamanan tambahan tersebut bertugas untuk memastikan kondisi di stasiun-stasiun dan dalam kereta tetap berjalan lancar dan aman. Mereka akan disebar khususnya di jalur tap-in dan tap-out di stasiun-stasiun commuter.

"Agar ketika terjadi kendala di masyarakat, misalnya mungkin ada kartunya yang bermasalah atau mungkin saldonya yang kurang itu bisa kita segera atasi," kata Joni. dilansir dari Antara.

Selain itu, Joni menambahkan, petugas-petugas tersebut juga akan disiagakan untuk memastikan arus penumpang keluar-masuk stasiun tidak terhambat.

"Kami juga mengantisipasi 'flow' penumpang sehingga tidak terjadi kemandekan pada saat 'tap-in' atau 'tap-out' di-'boarding'," jelasnya.

 

2 dari 3 halaman

Prediksi Lonjakan Penumpang

Pihak KAI Commuter memprediksi sejumlah stasiun di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan mengalami lonjakan penumpang pada hari pelantikan.

"Misalnya, di Stasiun Gondangdia, Stasiun Palmerah, Stasiun BNI Sudirman, kemudian juga Stasiun Juanda dan Stasiun Sawah Besar," kata Joni.

Stasiun-stasiun tersebut diperkirakan akan ramai dipadati masyarakat yang melakukan mobilisasi untuk acara tersebut.

Joni melanjutkan bahwa KAI Commuter pada prinsipnya mendukung kesuksesan pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Prinsipnya bahwa KAI Commuter men-'support', mendukung apa yang menjadi program pemerintah besok, melaksanakan 'event' sebagai bentuk syukur terkait dengan adanya pelantikan RI 1 dan RI 2 besok," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Pelantikan Prabowo-Gibran

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI akan menggelar sidang paripurna dengan agenda Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Masa jabatan 2024-2029 pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka itu akan digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Berdasarkan informasi yang diterima, gladi kotor pelantikan akan digelar hari ini, Jumat pukul 14.00 WIB, sementara gladi bersih akan digelar pada Sabtu (19/10/2024).

Menurut jadwal yang diterima, pelantikan akan dimulai tepat pukul 10.00 WIB, dan pengucapan sumpah presiden akan dilakukan pukul 10.26 WIB.

Sementara pidato pertama presiden usai dilantik akan dilakukan pada pukul 10.46 WIB. Siang paripurna akan selesai tepat pukul 11.23 WIB dan selanjutnya Presiden dan Wapres terpilih meninggalkan gedung MPR menuju Istana Negara.