Sukses

Isi Sumpah Prabowo-Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI 2024-2029

Usai pembacaan sumpah janji, Prabowo-Gibran menandatangani berita acara pelantikan presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. Pengucapan sumpah dipimpin oleh Ketua MA Sunarto.  

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” ucap sumpah Prabowo di Gedung DPR - MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Setelah itu, Gibran Rakabuming Raka yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Gibran.

Usai pembacaan sumpah janji, Prabowo-Gibran menandatangani berita acara pelantikan presiden.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin tiba di lokasi pelantikan di Gedung Nusantara, Kompleks Gedung MPR Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024).

Ma’ruf tiba sekitar pukul 09.43 WIB emdan mengenakan pakaian adat betawi. Presiden terpilih Prabowo Subianto dan wapres Gibran Rakabuming Daka namlak menyambut langsunv Ma’ruf.

Sementara Presiden Joko Widodo alias Jokowi tiba sekitar pukul 09:50 WIB, sama seperti Ma’ruf, Jokowi disambut langsung oleh Prabowo-Gibran. 

 

2 dari 2 halaman

Prabowo Tiba di DPR - MPR

Diketahui, Prabowo menumpangi mobil Alphard putih berplat 1-00. Ia tiba sekitar pukul 09. 07 WIB dan mengenakan jas biru dongker ala betawi dan berpeci hitam. 

Seluruh pimpinan MPR nampak menyambut kedatangan Prabowo.

Sementara pidato pertama presiden usai dilantik akan dilakukan pada pukul 10:46 WIB. Sidang paripurna akan selesai tepat pukul 11:23 WIB dan selanjutnya Presiden dan Wapres terpilih meninggalkan gedung MPR menuju Istana Negara.

Video Terkini