Sukses

Pesan MPR RI ke Prabowo-Gibran: Bawa Program Pro Rakyat

Muzani berharap, pemerintahan Prabowo-Gibran dapat mewujudkan berbagai prestasi, termasuk lebih mengedepankan kesejahteraan rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyampaikan pesan kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka usai resmi menjadi kepala negara. Dia mengingatkan untuk membawa visi program kerja yang pro rakyat.

“Hadirin terhormat, untuk memberi memberi tepuk tangan yang meriah sebagai tanda penghormatan atas dilantiknya Presiden dan Wakil Presiden RI untuk masa jabatan 2024-2029,” tutur Muzani disambut tepuk tangan meriah hadirin di Gedung DPR MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Atas nama nama pimpinan dan seluruh anggota MPR RI, Muzani mengucapkan selamat kepada Prabowo dan Gibran atas jabatan Presiden-Wakil Presiden periode 2024-2029.

“Yang telah memperoleh kepercayaan rakyat sbebagai Presiden dan Wakil Presiden RI untuk melaksanakan amanat rakyat bangsa dan negara dalam kurun waktu lima tahun yang akan datang, terhitung sejak 20 Oktober 2024 sampai 20 Oktober 2029 yang akan datang,” jelas dia.

Muzani berharap, pemerintahan Prabowo-Gibran dapat mewujudkan berbagai prestasi, termasuk lebih mengedepankan kesejahteraan rakyat.

“Kami berharap Bapak Prabowo dan Bapak Gibran dapat membawa visi besar dan kebijakan program pro rakyat. Mari kita ciptakan Indonesia yang adil, sejahtera, dan berdaya saing di mana setiap lapisan masyarakat merasa dihargai dan terlihat. Bersama kita bisa mengukir prestasi demi bangsa,” Muzani menandaskan.

 

2 dari 2 halaman

Prabowo Resmi Jadi Presiden

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. Keduanya dilantik di Gedung DPR-MPR yang disusul dengan pengambilan sumpah.

Prabowo mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 10.31 WIB. Dalam sumpahnya, Prabowo mengucapkan janji untuk memegang teguh Undang Undang Dasar. 

"Bismillahirrahmannirrahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Prabowo di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Setelah itu, Gibran Rakabuming Raka yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Gibran.

Dengan ini, Prabowo-Gibran resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Seusai pengambilan sumpah, Prabowo dan Gibran menandatangani berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.