Sukses

Mengenal MV3 Garuda, Mobil Buatan PT Pindad yang Tumpangi Prabowo Usai Resmi Jadi Presiden

Kendaraan ini diperkenalkan sebagai MV3 Garuda Limousine. Mobil ini merupakan varian pengembangan terbaru dari MV3 yang didesain dan dikembangkan untuk mengakomodir secara langsung arahan dari Presiden RI, Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. Prabowo dan Gibran dilantik di Gedung DPR-MPR yang disusul dengan pengambilan sumpah. 

Prabowo mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 10.31 WIB. Dalam sumpahnya, Prabowo mengucapkan janji untuk memegang teguh Undang Undang Dasar. 

Usai dilantik, Prabowo dan Gibran langsung menuju ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti rangkaian kegiatan selanjutnya. Yang menarik, usai dilantik, Prabowo menggunakan mobil jenis MPV berwarna putih yang diproduksi  khusus anti-peluru buatan PT Pindad, saat menuju ke Istana. Mobil produksi Pindad itu, diberi nama MV3 Garuda Limousine.

Kendaraan ini sebelumnya telah diperkenalkan sebagai MV3 Garuda Limousine. Mobil ini merupakan varian pengembangan terbaru dari MV3 yang didesain dan dikembangkan untuk mengakomodir secara langsung arahan dari Presiden RI, Prabowo Subianto.

Dengan terwujudnya kendaraan Garuda Limousine Kepresidenan ini menunjukkan kemandirian bangsa Indonesia. Presiden Prabowo percaya bahwa Garuda Limousine kepresidenan buatan dalam negeri ini menunjukkan upaya keras PT Pindad dalam mewujudkan kemandirian bangsa Indonesia. 

 

2 dari 3 halaman

Dilengkapi Kaca Anti-Peluru

MV3 Garuda Limousine dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Kendaraan ini berwarna putih dengan tampilan ekslusif dan maskulin yang memiliki proteksi tinggi serta memberikan kenyamanan dengan material berkualitas serta fitur-fitur mutakhir.

Garuda memiliki bobot 2,95 ton, dimensi panjang sekitar 5,05 m, lebar 2,06 m, tinggi 1,87 m serta desain long wheelbase yang nyaman dan lega. Kendaraan ini memiliki daya mesin 202 PS/199 HP, transmisi AT dengan 8 percepatan, dan memiliki kecepatan maksimum 100 Km/jam. 

Dengan portofolio produsen alpalhankam, Pindad menerapkan proteksi kendaraan sebagai prioritas utama dengan dibekali fitur keamanan seluruh area kendaraan meliputi body dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kal. 7,62 x 51 mm NATO ball & kal. 5,56 x 45 mm M193, kaca anti peluru level B5/B6, serta dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

3 dari 3 halaman

Terima Kasih Prabowo ke Jokowi-Ma

Presiden Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas kepemimpinan mereka selama masa jabatan 2019-2024.

Hal ini disampaikannya saat memberikan pidato perdana usai dilantik sebagai presiden RI periode 2024-2029 di Gedung DPR/MPR, pada Minggu (20/10/2024).

"Terima kasih atas kepemimpinan bapak. Bapak telah menahkodai bangsa ini melalui krisis-krisis yang sungguh sangat berat," ujar Prabowo.

Prabowo mengingatkan publik akan tantangan besar yang dihadapi bangsa di bawah kepemimpinan Jokowi, khususnya saat menghadapi pandemi Covid-19.

Prabowo bercerita bagaimana Jokowi menghadapi tekanan dari berbagai pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri, yang mendesak diberlakukannya lockdown selama pandemi. Namun, Jokowi menolak demi memikirkan nasib rakyat kecil yang menggantungkan hidup pada penghasilan harian.

"Ingat waktu Covid-19. Kita bahkan keluar rumah saja takut. Saya saksi, saya menterinya beliau semua pihak dalam dan luar negeri, telfon terus minta lockdown-lockdown tapi beliau menolak," ucapnya

"Beliau berfikir kalau kita lockdown bagaimana wong cilik, bagaimana warung tegal, bagaimana ojol, bagaimana rakyat2 yang makannya dari upah-upah harian. Jangan lupa kita dengan prestasi pemimpin-pemimpin kita. Terima kasih pak Jokowi, Terima Kasih Profesor Ma'ruf Amin." sambungnya.