Sukses

Tak Hadiri Pelantikan, Ganjar Beri Ucapan Selamat untuk Prabowo Lewat Unggahan Video

Ganjar menutup pernyataannya dengan ajakan untuk bergandeng tangan dan bekerja bersama demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo tidak hadir dalam acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden RI di Gedung DPR/MPR RI, pada Minggu (20/10/2024). Meski absen, Ganjar tetap menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo melalui sebuah video yang diunggah di media sosialnya.

"Hari ini saya menyampaikan selamat kepada Bapak Prabowo Subianto atas pelantikan sebagai Presiden Republik Indonesia," ucap Ganjar.

Ganjar juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai elemen masyarakat, mulai dari guru, petani, nelayan, tenaga kesehatan, hingga para pekerja kreatif yang mendukung pencalonannya bersama Mahfud MD.

"Sekarang saatnya kita bergerak bersama. Indonesia adalah milik kita semua, dan masa depan hanya bisa kita bangun dengan pemikiran dan tindakan yang baik hari ini," ujar Ganjar.

Ganjar menutup pernyataannya dengan ajakan untuk bergandeng tangan dan bekerja bersama demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

"Mari kita bergandeng tangan, bekerja bersama, dan berkomitmen demi masa depan Indonesia yang lebih mulia," pungkasnya.

2 dari 3 halaman

Prabowo-Gibran Resmi Jadi Presiden-Wapres 2024-2029

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. Keduanya dilantik di Gedung DPR-MPR yang disusul dengan pengambilan sumpah.

Prabowo mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 10.31 WIB. Dalam sumpahnya, Prabowo mengucapkan janji untuk memegang teguh Undang Undang Dasar. 

"Bismillahirrahmannirrahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Prabowo di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024)

Setelah itu, Gibran Rakabuming Raka yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Gibran.

Dengan ini, Prabowo-Gibran resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

3 dari 3 halaman

Tandatangani Berita Acara

Seusai pengambilan sumpah, Prabowo dan Gibran menandatangani berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilu Presiden 2024. KPU menyatakan Prabowo-Gibran menang setelah memperoleh 96.214.691 suara atau 58,59% dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia.

Penetapan tersebut meliputi perolehan suara di 38 provinsi dan 128 wilayah di luar negeri.