Sukses

Jokowi dan Prabowo Gelar Upacara Pisah Sambut di Istana Merdeka

Jokowi terlebih dahulu menyambut kedatangan Prabowo di Istana Merdeka. Usai bersalaman dengan tamu undangan, Prabowo memimpin upacara pisah sambut.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Prabowo Subianto dan Presiden ketujuh RI, Joko Widodo atau Jokowi melakukan upacara pisah sambut di Istana Merdeka Jakarta, Minggu (20/10/2024). Upacara ini dilakukan usai Prabowo dilantik sebagai Presiden RI periode 2024-2029.

Awalnya, Jokowi terlebih dahulu menyambut kedatangan Prabowo di Istana Merdeka. Usai bersalaman dengan tamu undangan, Prabowo memimpin upacara pisah sambut.

Selanjutnya, lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan dan diwarnai dengan dentuman meriam. Setelah itu, Jokowi bersama Prabowo lantas berjalan bersama memeriksa pasukan yang sudah berbaris rapi di depan Istana Merdeka.

Setelahnya, Jokowi dan Iriana meninggalkan tempat upacara. Prabowo lalu melepas Jokowi yang pulang ke Solo, Jawa Tengah.

Prabowo ikut mengantar Jokowi sampai ke Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Jokowi akan ke Solo dengan menggunakan pesawat TNI AU.

Jokowi dan Prabowo tampak satu mobil. Saat keluar Istana Merdeka, Jokowi sempat menyapa masyarakat yang menunggu.

2 dari 2 halaman

Jokowi Purnatugas

Joko Widodo atau Jokowi resmi purna tugas sebagai Presiden RI periode 2019-2024, Minggu (20/10/2024). Jokowi kembali ke Istana Merdeka Jakarta, usai menghadiri pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wapres RI periode 2024-2019 di Gedung DPR-MPR.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Presiden ketujuh RI Jokowi tiba di Istana Merdeka pukul 12.40 WIB. Jokowi tak lagi menggunakan mobil Mercedes hitam berplat Indonesia-1 yang dipakainya saat berangkat ke Gedung DPR-MPR, Minggu pagi.

Jokowi bersama istrinya, Iriana pulang ke Istana Merdeka dengan mobil Alphard hitam dengan plat nomor B 1339 ZZR. Dia sempat melambaikan tangan dan tersenyum kepada awak media saat memasuki Istana Merdeka.

Jokowi memang dijadwalkan tiba terlebih dahulu di Istana Merdeka untuk acara pisah sambut. Nantinya, Jokowi akan menyambut Presiden RI Prabowo Subianto yang baru saja resmi menjabat presiden.

Video Terkini