Sukses

Jokowi Purnatugas Jadi Presiden, Ini Pesannya untuk Prabowo

Jokowi mendoakan, agar Prabowo Subianto terus diberi kekuatan oleh Tuhan untuk memiliki kekuatan memimpin Indonesia selamas masa baktinya lima tahun ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo atau Jokowi sudah tidak lagi menyandang status sebagai Presiden Republik Indonesia. Proses pisah sambut Jokowi dan Prabowo Subianto telah digelar di Istana Merdeka, Jakarta.

Dia pun kembali ke kampung halaman di Solo. Dia ditemani Presiden Prabowo Subianto dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju ke Landasan Udara Halim Perdanakusuma sebelum meninggalkan Jakarta.

Jokowi menitipkan sejumlah hal kepada Prabowo untuk pemerintahannya.

"Sangat banyak sekali, tidak semua bisa kita kerjakan. Oleh sebab itu kepada Pak Presiden saya serahkan seluruhnya, impian harapan cita-cita besar dari 280.000.000 rakyat Indonesia kepada Pak Presiden Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto," kata Jokowi sebelum lepas landas dari Bandara Squadron Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Jokowi mendoakan, agar Prabowo Subianto terus diberi kekuatan oleh Tuhan untuk memiliki kekuatan memimpin Indonesia selama masa baktinya lima tahun ke depan.

"Semoga beliau diberi kekuatan untuk memimpin negara yang sangat besar ini," doa Jokowi.

Terakhir kepada rakyat yang pernah dipimpinnya, Jokowi berharap agar kondisi bangsa Indonesia bisa selalu rukun dan guyub. Tujuannya, demi persatuan dan kemajuan membangun Ibu Pertiwi.

"Pesan kepada masyarakat rukun bersatu berangkulan membangun negara ini," Jokowi menandasi.

Usai memberikan pesan tersebut, Jokowi bersama Iriana masuk ke dalam pesawat TNI AU yang sudah disiapkan untuk mengantarkannya ke Solo. Tidak ada menteri yang ikut, hanya satu ajudan dari kepolisian dan satu anggota Paspampres yang ikut mendampingi.

Sementara itu, pihak keluarga, seperti anak dan menantunya juga hanya mengantarnya sampai bandara saja. Terlihat, Kaesang Pangarep, Kahiyang Ayu dan sang suami, Bobby Nasution yang turut hadir di lokasi.

2 dari 2 halaman

Jokowi dan Iriana Lambaikan Tangan, Tinggalkan Jakarta ke Solo

Presiden Ketujuh RI Joko Widodo atau Jokowi meninggalkan Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma menuju ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024). Dia diantar oleh Presiden Kedelapan RI Prabowo Subianto dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Sesaat setelah tiba di Halim, Jokowi menyapa mereka yang datang. Dia juga melayani permintaan untuk foto bersama.

Rombongan para menteri Kabinet Indonesia Maju tiba di baseops squadron Halim Perdanakusuma dan berdiri berjajar di dekat pesawat yang akan ditumpangi Jokowi dan Ibu Iriana. Terlihat Airlangga Hartarto, Muhadjir Effendy, Sandiaga Uno, Agus Gumiwang, Bahlil Lahadalia, hingga Zulkifli Hasan.

Mereka hadir untuk mengantar kepulangan Joko Widodo ke kampung halamannya di Solo. Jokowi pun menyalami satu per satu para menteri yang hadir.

Sesaat kemudian, Jokowi dan Iriana yang membawa buket bunga menaiki pesawat dan keduanya melambaikan tangan kepada para pejabat yang hadir mengantar di Lanud Halim.

Sementara itu, suasana haru mengiringi salam perpisahan Jokowi. Putrinya, Kahiyang Ayu menitikkan air mata saat mengantar kepulangan kedua orangtuanya ke Solo dari Halim Perdanakusuma.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Prabowo

Video Terkini