Sukses

APKSI Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran: Kami Titipkan Asa Ribuan Pekerja Kesehatan Indonesia

APKSI menilai bahwa selama ini tantangan yang dihadapi pekerja kesehatan di Indonesia cukup kompleks.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pekerja Kesehatan Seluruh Indonesia (APKSI) menyampaikan harapan dan dukungan penuh kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang telah diambil sumpahnya sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Presiden APKSI, Sepri Latifan SM menyatakanm pekerja kesehatan di Indonesia siap mendukung pemerintahan baru untuk mewujudkan sistem kesehatan yang lebih baik dan berkeadilan.

"Selamat bekerja untuk Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka. Kami menaruh harapan besar kepada Pemerintahan ini untuk memperjuangkan nasib ribuan pekerja kesehatan di Indonesia. Kami titipkan asa ini, agar pemerintah ke depan dapat memberikan perhatian lebih kepada kondisi kerja, kesejahteraan (upah & status) dan perlindungan pekerja kesehatan," ujar Sepri dalam keterangannya, Minggu (20/10/2024).

APKSI menilai bahwa selama ini tantangan yang dihadapi pekerja kesehatan di Indonesia cukup kompleks, mulai dari distribusi pekerja kesehatan yang tidak merata, hingga isu kesejahteraan, keselamatan kerja dan status bekerja yang yang tidak berkejelasan.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar pemerintahan baru dapat melibatkan pekerja kesehatan dalam perumusan kebijakan, serta memberikan solusi yang konkrit untuk berbagai permasalahan yang ada.

"Pandemi telah mengajarkan kita betapa pentingnya sistem kesehatan yang kuat dan tenaga kesehatan yang terlindungi dengan baik. Kami berharap, di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran, kita dapat memperkuat sistem kesehatan nasional dan memberikan jaminan bagi para pekerja kesehatan agar dapat bekerja dengan tenang dan fokus pada tugas mereka dalam melayani masyarakat," tambah Sepri.

 

2 dari 2 halaman

Harapan Baru Masa Depan Kesehatan Indonesia

Dalam pernyataan tersebut, APKSI juga mengingatkan pentingnya peningkatan dan pengawasan anggaran kesehatan, pembaruan regulasi terkait pekerja kesehatan, dan penjaminan akses terhadap pelatihan dan pendidikan berkelanjutan bagi seluruh pekerja kesehatan di tanah air.

"Ini adalah momentum untuk perubahan. Kami percaya, di tangan Prabowo dan Gibran, ada harapan baru bagi masa depan kesehatan Indonesia. Kami menantikan langkah-langkah nyata yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan pekerja kesehatan, demi terwujudnya Indonesia yang lebih sehat dan kuat," tutup Sepri.

Dengan dukungan dari APKSI dan ribuan pekerja kesehatan di seluruh Indonesia, Prabowo-Gibran diharapkan mampu membawa angin segar bagi dunia kesehatan dan menciptakan kebijakan yang berpihak pada rakyat. Seluruh pekerja kesehatan siap bergandengan tangan dan mendukung setiap upaya untuk mewujudkan layanan kesehatan yang merata dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Video Terkini