Sukses

Erick Thohir Kembali Jadi Menteri BUMN, Dilantik Prabowo Hari Ini

Presiden Prabowo Subianto menunjuk Erick Thohir sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Kabinet Merah Putih. Artinya, ini periode kedua Erick Thohir menjadi Menteri BUMN.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Prabowo Subianto menunjuk Erick Thohir sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Kabinet Merah Putih. Artinya, ini periode kedua Erick Thohir menjadi Menteri BUMN.

Erick Thohir diketahui menjadi Menteri BUMN Kabinet Indonesia Maju era pemerintahan Presiden ke-7 RI, Joko Widodo (Jokowi). Saat Jokowi purnatugas, Erick kembali dipercaya Prabowo Subianto menduduki jabatan yang sama di kabinetnya.

"Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara," kata Prabowo Subianto saat mengumumkan susunan kabinetnya di Istana Merdeka Jakarta, Minggu malam (20/10/2024).

Dalam memimpin perusahaan milik negara, Erick Thohir dibantu tiga wakil menteri yakni, Kartiko Wirjoatmodjo, Aminuddin Ma'ruf, dan Dony Oskaria. Belum diketahui tugas spesifik ketiga wakil menteri tersebut di Kementerian BUMN.

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto mengumumkan susunan Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Minggu malam (20/10/2024). Kabinet Prabowo terdiri dari 7 Kementerian Koordinator dan 41 Kementerian Teknis.

Total ada 109 tokoh yang mengisi kabinet Prabowo, di mana 53 di antaranya merupakan wakil menteri. Mereka akan dilantik Prabowo di Istana Negara pada Senin, 21 Oktober 2024.

Nama Erick Thohir tidak asing lagi di dunia bisnis. Adik dari pengusaha Garibaldi Thohir ini merupakan pendiri dari grup Mahaka yang memiliki banyak media massa antara lain radio, online, media cetak hingga televisi.

Selain dikenal di dunia bisnis, Erick Thohir juga terkenal di dunia olah raga. Ia sempat menjadi pemilik Inter Milan pada 2013-2019. Ia juga berhasil menjalankan tugasnya sebagai Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018. Simak profil lengkap Erick Thohir di sini

2 dari 2 halaman

Prabowo Lantik Menteri dan Wakil Menteri Hari Ini

Presiden Prabowo Subianto sudah mengumumkan susunan kabinetnya pada Minggu malam (20/10/2024). Prabowo didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad saat mengumumkan nama menteri dan wakil menteri di kabinetnya.

Total ada 53 menteri dan kepala badan yang diumumkan, sementara itu 56 orang mengisi posisi wakil menteri. Begitu disebutkan namanya, mereka langsung maju satu per satu.

"Selesai sudah sekalian, demikian telah saya umumkan para menteri dan para wakil menteri Kabinet Merah Putih," kata Prabowo di Istana Merdeka Jakarta, Minggu malam.

Presiden Prabowo memastikan mereka yang sudah diumumkan pada hari ini akan secara resmi dilantik dengan prosesi terpisah. Untuk menteri dan kepala badan akan dilangsungkan Senin pagi (21/10/2024). Sedangkan untuk wakil menteri akan dilangsungkan siang harinya.

"Rencananya besok pagi akan saya lantik para menteri pukul 10 dan pada siang harinya saya akan Lantik para wakil menteri," jelas Prabowo Subianto.