Sukses

Pimpin Kementerian Baru, Yusril: Kami Akan Jalankan Tugas dengan Baik

Yusril optimis, adanya sejumlah nomenklatur baru di kementerian kabinet Prabowo-Gibran akan efektif menyelesaikan beragam persoalan.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Menteri Koordinator (Menko) Bidang Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Imigrasi, dan Pemasyarakatan Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 Yusril Ihza Mahendra tiba di Istana Negara, Jakarta Pusat untuk mengikuti pelantikan, Senin (21/10/2024).

Adapun Menteri Koordinator (Menko) Bidang Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan merupakan salah satu nomenklatur kementerian baru di pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka.

Soal bakal jadi Menko dalam nomenklatur kementerian baru tersebut, Yusril menyatakan pemerintah memang harus memiliki badan lesgislasi yang menjadi bagian yang dapat membantu anggota dewan dalam membentuk undang-undang. Oleh sebab itu, nomenklatur kementerian baru itu disebutnya hal yang tepat. 

"Bahwa pemerintah harus mempunyai suatu badan yang disebut dengan badan legislasi ya gunanya untuk part dari DPR dalam melaksanakan proses pembentukan peraturan perundang-undangan,” kata Yusril. 

Dia juga optimis, adanya sejumlah nomenklatur baru di kementerian kabinet Prabowo-Gibran akan efektif menyelesaikan beragam persoalan. Nantinya, ujar Yusril ihwal permasalahan hukum ia bakal berkoordinasi dengan lembaga lain di pemerintahan.

"Tentu (efektif) selain hukum, HAM kemudian imigrasi dan kemasyarakatan tentu juga akan melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga lain yang selama ini terkait dengan hukum,” ungkap dia.

Yusril memastikan, bakal fokus bekerja sebagai Menko Bidang Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Imigrasi, dan Pemasyarakatan. Dia menegaskan, akan menjalankan tugas sebaik-baiknya di nomenklatur kementerian baru tersebut.

"Saya kira itu yang akan menjadi fokus tugas kami dan insyaallah kami akan melaksanakan tugas itu dengan baik,” ucap Yusril.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Menteri Siap Dilantik

Sejumlah menteri kabinet Merah Putih mulai berdatangan ke Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2024). Mereka akan dilantik oleh Presiden RI Prabowo Subianto pada pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, sejumlah tokoh tampak mulai berdatangan pukul 08.30 WIB. Mereka yang telah terlihat hadir yakni, Menteri Koperasi Budi Arie Setiadi, Menteri Agama Nasaruddin Umar, Menteri Koordinator Bidang Hukum HAM Yusril Ihza Mahendra.

Selain itu, Menteri Pariwisata Widianti Putri, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan.

Mereka datang dengan memakai setelan jas bewarna hitam dan dasi bewarna biru muda. AHY mengatakan para menteri diminta memakai dasi bewarna biru muda saar pelantikan.

"Iya, ada dresscode-nya untuk menggunakan dasi bewarna biru muda," kata AHY.

Para menteri juga turut membawa keluarganya untuk menyaksikan pelantikan. Kabinet Prabowo sendiri terdiri dari 7 Kementerian Koordinator dan 41 Kementerian Teknis.