Sukses

Kementarian Baru, Zulkifli Hasan Akan Pinjam Kantor Lain untuk Rapat

Menteri Koordinator Pangan Zulkifli Hasan masih belum menjelaskan akan berkantor di mana usai dilantik Presiden Prabowo Subianto, Senin (21/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Pangan Zulkifli Hasan masih belum menjelaskan akan berkantor di mana usai dilantik Presiden Prabowo Subianto, Senin (21/10/2024).

Pasalnya, pria yang akrab disapa Zulhas ini ke depan akan memimpin kementerian yang baru dibentuk sehingga belum memiliki kantor.

"Setelah ini (dilantik), serah terima (jabatan) dulu. Setelah serah terima, nanti rapat. Pinjem dulu kantornya," kata dia usai pelantikan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2024).

Ketua umum PAN juga belum mengetahui kantor kementerian mana yang akan dipakai untuk rapat. Zulhas akan mencarinya terlebih dahulu.

"Ya nanti siapa mau kasih lah," ujarnya.

Di sisi lain, dia juga tak mengetahui berapa jumlah kementerian yang ada di bawah koordinasinya. Zulhas akan bertanya terlebih dahulu kepada Menteri Sekretaris Negara, Prasetyo Hadi.

"Nanti tanya Mensesneg. Juga belum tahu, nanti setelah dilantik, baru rapat," tutur Zulhas.

Terkait jumlah kabinet Merah Putih Prabowo Subianto yang dianggap gemuk, Zulhas menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara besar. Dia menekankan pentingnya persatuan untuk memajukan Indonesia.

"Ya Pak Presiden selalu mengatakan negara kita negara besar. Dan yang paling penting untuk membuat Indonesia semaki maju, persatuan itu nomor 1. Tentu setiap kita ada lebih ada kurang. Tapi persatuan diatas segala-galanya," jelas dia.

2 dari 3 halaman

Prabowo Resmi Melantik 48 Menteri Kabinet Merah Putih

Presiden Prabowo Subianto melantik 48 menteri yang masuk Kabinet Merah Putih. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Para menteri yang dilantik, untuk laki-laki memakai jas warna hitam dengan dasi biru muda. Sedangkan untuk menteri perempuan mengenakan kebaya.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan petikan Surat Keputusan Presiden. Pelantikan para menteri negara berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 133 P Tahun 2024 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Merah Putih Periode 2024-2029.

Presiden Prabowo pun kemudian mengambil sumpah jabatan dari para menterinya.

"Bersediakah saudara-saudara diambil untuk sumpah janji menurut agama dan kepercayan masing-masing?" kata Prabowo sebelum melafalkan sumpah.

"Bersedia," jawab anggota Kabinet Merah Putih.

 

3 dari 3 halaman

Lafal Sumpah

Berikut ini lafal sumpah yang dibacakan Presiden Prabowo dan diikuti para menteri di Istana Negara:

"Saya bersumpah, bahwa saya, akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara."

"Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab."

Setelah itu, para menteri yang dilantik melakukan penandatangan yang disaksikan oleh Presiden Prabowo Subianto. 

Pelantikan menteri ditutup dengan Indonesia Raya. Setelah itu, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran memberikan ucapan selamat kepada para menteri.Â