Sukses

Profil Sjafrie Sjamsoeddin, Menteri Pertahanan Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Presiden Prabowo Subianto mengumumkan Sjafrie Sjamsoeddin sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Merah Putih.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto mengumumkan Sjafrie Sjamsoeddin sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Merah Putih. Pengumuman dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Minggu malam 20 Oktober 2024.

Sjafrie Sjamsoeddin kemudian dilantik bersama menteri terpilih lainnya di Istana Negara, Jakarta pada Senin (21/10/2024).

Dilansir dari Antara, sebelum menduduki jabatan ini, Sjafrie Sjamsoeddin telah berperan sebagai penasihat khusus Prabowo di Kementerian Pertahanan. Nama Sjafrie bukanlah sosok asing dalam dunia militer dan pertahanan Indonesia.

Sjafrie Sjamsoeddin lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 30 Oktober 1952. Ia merupakan lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) tahun 1974, sebuah institusi pendidikan militer negara yang menjadi awal mula karier cemerlangnya di dunia militer.

Karier militernya diawali dengan jabatan sebagai Komandan Peleton (Danton) di Grup I Komando Pasukan Khusus (Kopassus) pada tahun 1975 hingga 1977. Dari sana, kariernya terus berkembang pesat, termasuk menjadi Komandan Kompi (Danki) II Grup I Kopassus pada 1977-1980 dan Perwira Intelijen di Grup I pada 1980-1981.

Kepercayaan atas kemampuannya semakin kuat ketika ia ditunjuk sebagai Wakil Asisten Operasi Komandan Kopassus pada 1991-1993.

Tidak hanya berkarier di militer, Sjafrie juga mengemban berbagai tugas penting dalam pemerintahan. Salah satu jabatan strategis yang pernah ia duduki adalah sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan pengawal pribadi Presiden Soeharto.

Pengalamannya di bidang keamanan nasional diperkuat dengan jabatan sebagai Danrem 061 Suryakencana Bogor, Kepala Staf Garnisun Ibu Kota, serta Kepala Staf Kodam Jaya pada 1997.

Pada 2005, Sjafrie Sjamsoeddin diangkat sebagai Sekretaris Jenderal di Departemen Pertahanan, kemudian pada tahun 2010 ia dipercaya sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Jabatan tersebut memperkuat posisinya sebagai salah satu tokoh kunci di sektor pertahanan Indonesia.

2 dari 2 halaman

Menteri Kabinet Prabowo Akan Outbound dan Pembekalan di Akmil Magelang Selama 3 Hari

Sebelumnya, Menteri kabinet Presiden Terpilih RI periode 2024-2029, Prabowo Subianto akan mengikuti outbound dan pembekalan selama tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah, usai resmi dilantik pada 21 Oktober 2024.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membenarkan ada agenda outbound yang akan diikuti para menteri kabinet Prabowo di Akmil Magelang. Agus sendiri merupakan salah satu tokoh yang akan menjadi menteri di kabinet Prabowo.

"Sudah diumumkan bahwa akan ada kegiatan outbond atau bonding selanjutnya pembekalan. Detailnya saya belum diberi tahu," kata Agus Gumiwang di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Dia belum mengetahui kapan outbound di Akmil Magelang itu dilaksanakan. Agus hanya diminta menyiapkan diri untuk mengikuti outbound serta pembekalan di Akmil Magelang.

"Detailnya saya belum tahu, tapi kami sudah diberi tahu untuk persiapan," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyebut outbound para menteri kabinet Prabowo akan dilakukan selama tiga hari. Rencananya, acara itu akan berlangsung dari 25-27 Oktober 2024.

"Tunggu, tunggu. Itu kalau enggak salah Jumat (25 Oktober) sampai Minggu (27 Oktober), tiga hari," tutur Budi Arie yang juga akan masuk kabinet Prabowo.

Video Terkini