Sukses

Wiranto, Luhut, hingga Terawan Dilantik Jadi Penasihat Khusus Prabowo

Prabowo Subianto melantik tujuh Penasihat Khusus Presiden periode 2024-2029 di Istana Negara Jakarta, Selasa (22/10/2024). Penasihat khusus presiden ini diisi oleh tokoh-tokoh senior seperti, mantan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan hingga mantan Menko Polhukam Wiranto.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Prabowo Subianto melantik tujuh Penasihat Khusus Presiden periode 2024-2029 di Istana Negara Jakarta, Selasa (22/10/2024). Penasihat khusus ini diisi oleh tokoh-tokoh senior seperti, mantan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan hingga mantan Menko Polhukam Wiranto.

Pelantikan ini berdasarkan keputusan presiden (Keppres) Nomor 140/P tahun 2024 tentang Pengangkatan Penasihat Khusus Presiden RI. Mereka mengucap sumpah jabatan di hadapan Prabowo Subianto.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ucap para tokoh yang dilantik di depan Prabowo.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," sambung para tokoh.

Berikut tokoh yang dilantik menjari Penasihat Khusus Presiden:

1. Wiranto, Penasihat Khusus Presiden RI Bidang Politik dan Keamanan2. Luhut Binsar Panjaitan, Penasihat Khusus Presiden RI Bidang Digitalisasi dan Teknologi Pemerintahan

3. Dudung Abdurrachman, Penasihat Khusus Presiden RI Bidang Pertahanan Nasional/Ketua Komite Kebijakan Industri Pertahanan

4. Bambang Brodjonegoro, Penasihat Khusus Presiden RI Bidang Ekonomi dan Pembangunan Nasional

5. Purnamo Yusgiantoro, Penasihat Khusus Presiden RI Bidang Energi

6. Muhadjir Effendy, Penasihat Khusus Presiden RI Bidang Bidang Haji

7. Terawan Agus Putranto, Penasihat Khusus Presiden RI Bidang Kesehatan

2 dari 3 halaman

Raffi dan Gus Miftah Jadi Utusan Khusus Presiden

Prabowo Subianto juga melantik beberapa nama beken seperti musikus Yovie Widiyanto, artis sekaligus pengusaha Raffi Ahmad, hingga pendakwah kondang Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah sebagai pejabat negara.

Pengangkatan ini sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 76/M Tahun 2024 tentang Pengangkatan Utusan Khusus Presiden.

Gus Miftah diangkat sebagai Utusan Khusus Presiden bidang Kerukunan Beragama dan Pembinaan Sarana Keagamaan. Sedangkan Raffi Ahmad sebagai Utusan Khusus Presiden bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni.

"Doktor HC Raffi Farid Ahmad sebagai bidang pembinaan generasi muda dan pekerja seni," kata Deputi bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg, Nanik Purwanti saat membacakan keputusan di Istana Negara.

 

3 dari 3 halaman

Yovie Widiyanto Jadi Staf Khusus Presiden

Kemudian, musisi Yovie Widianto diangkat sebagai Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Kreatif.

Selain itu, putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yakni Zita Anjani juga diangkat sebagai Utusan Khusus Presiden bidang Pariwisata. Mereka semua serentak membacakan sumpah janji pelantikan yang dibacakan oleh Prabowo.

"Bahwa saya akan setia kepada undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundangan perundangan dengan selurus- lurusmya demi dahrma ganti saya kepada bangsa dan negara," ucap Prabowo diikuti semua yang dilantik.

Selain itu, mereka bersumpah untuk menjunjung etika jabatan, serta bekerja dengan sebaik- baiknya dengan penuh tanggung jawab.