Sukses

Santri Diajak Berkontribusi Aktif Perkuat Kualitas Pendidikan

Hari Santri 2024 bisa jadi momentum penyemangat bagi santri untuk terus mengasah kreativitas.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPRD Pandeglang Fraksi NasDem Farid Muhajirin mengajak santri dan pemuda meneruskan perjuangan para tokoh santri dan pemuda melalui pendidikan dan kebudayaan. Khususnya, di Kabupaten Pandeglang.

"Para pemuda sebagai generasi penerus diharapkan dapat berinovasi dan berkontribusi aktif dalam membangun kualitas pendidikan yang tidak hanya membentuk karakter, tetapi juga memperkaya kreativitas," kata Farid dalam keterangannya.

Ia menilai peringatan Hari Santri 2024 bisa jadi momentum penyemangat bagi santri untuk terus mengasah kreativitas. Termasuk, dalam hal pelestarian dan pengembangan kebudayaan lokal yang kaya.

"Mari kita bersama-sama merengkuh masa depan yang gemilang, menjadikan perjuangan para santri sebagai inspirasi dalam menciptakan perubahan positif bagi Pandeglang dan Indonesia," ungkap Sekretaris DPD NasDem Pandeglang itu.

Ia menyebut pendiri organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) Kiai Haji Hasyim Asy'ari berpesan pendidikan adalah landasan utama dalam membangun bangsa. Kiai Hasyim menyampaikan santri adalah pejuang yang berperan penting dalam menjaga dan memperjuangkan nilai-nilai ibadah dan suatu kebaikan.

"Pandeglang adalah Kota Santri, kita memiliki tanggung jawab untuk meneruskan tradisi luhur ini. Santri dan pemuda berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan ilmu dan budaya," ujar santri Ponpes Al-Hidayah Cisantri ini.

2 dari 2 halaman

Kolaborasi Semua Pihak

Ia mengungkapkan sikap toleransi, solidaritas, gotong royong dan kerja keras, perlu dikedepankan agar Pandeglang dapat menjadi daerah yang maju, berbudaya, dan bermartabat.

Ia meyakini cita-cita itu bisa terwujud bila ada kolaborasi seluruh pihak, tak terkecuali santri.

"Bersama, kita dapat mewujudkan mimpi serta harapan untuk generasi yang beradab, berilmu, baik, maju dan beriman Karna santri adalah penerus dari segala penerus," ungkapnya.

  • Hari Santri Nasional (HSN) jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini, ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pad

    Hari Santri

  • Santri