Sukses

Beredar Hoaks Seputar Mie Sedaap, Ternyata Ini Fakta Sebenarnya

Hasil penelusuran Kominfo atas beredar unggahan dengan framing negatif ke Mie Sedaap adalah video lama yang disiarkan oleh Kompas TV pada Kamis (29/9/2022).

Liputan6.com, Jakarta Di tengah arus informasi yang beredar cepat, misinformasi atau bahkan berita tidak benar (hoaks) dapat menyebar sangat mudah. Salah satu isu yang belakangan ini muncul di beberapa platform media sosial, khususnya TikTok adalah seputar produk mi instan, yakni Mie Sedaap yang mengandung pestisida.

Di platform media sosial tersebut, muncul sebuah unggahan potongan gambar atau video berita yang diunggah akun @fauzia.hm dan meng-capture berita salah satu TV nasional dengan framing negatif "Yang suka makan MIE SEDAP Hati2 ya!!".

Unggahan tersebut pun dilengkapi dengan narasi larangan untuk mengonsumsi mi goreng dalam waktu dekat karena Mie Sedaap mengandung pestisida. 

Dilansir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Tim Cek Fakta Kominfo pada Kamis (17/10/2024) melakukan penelusuran atas unggahan yang menohok Mie Sedaap.

Hasil penelusuran Kominfo atas beredar unggahan dengan framing negatif ke Mie Sedaap adalah video lama yang disiarkan oleh Kompas TV pada Kamis (29/9/2022). Video itu pun berisi berita Mie Sedaap yang mengandung pestisida di Hong Kong.

Padahal, dilansir dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM), mereka telah memberikan klarifikasi atas isu yang beberapa tahun lalu mencuat tersebut. BPOM menjelaskan, produk mi instan yang ditarik di Hong Kong berbeda dengan produk bermerek sama yang beredar di Indonesia.

2 dari 2 halaman

Sesuai dengan Persyaratan yang Ada

Produk Mie Sedaap yang beredar di Indonesia sudah memenuhi persyaratan yang ada. Pasalnya, Mie Sedaap KSC sudah mengantongi sertifikat halal serta memiliki sertifikat ISO 22000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan.

Selain itu, Mie Sedaap juga sudah memiliki Sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu. Tak hanya itu, Mie Sedaap KSC juga tidak menggunakan Etilen oksida (EtO) dalam setiap produksinya.

Mie Sedaap pun sudah diekspor ke 30 negara selama beberapa tahun terakhir. Hal itu menunjukkan bahwa Mie Sedaap sudah mengikuti standar wajib ekspor dan keamanan pangan dunia, termasuk kandungan, pengemasan, hingga pelabelan produk.

Nah, Mie Sedaap yang diisukan miring oleh pihak yang tidak terpercaya tersebut adalah Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Untuk itu, melihat disinformasi atau hoaks yang beredar terkait Mie Sedaap Korean Spicy Chicken, masyarakat wajib menyikapi secara bijak segala informasi yang beredar di media sosial dengan merujuk pada sumber kredibel serta terpercaya guna mendapatkan kebenaran riil.

 

(*)