Sukses

Gerald Vincent Ngaku Salah dan Minta Maaf Sebar Hoaks Kandungan Bromat Le Minerale

Gerald Vincent akhirnya mengakui kesalahannya sekaligus meminta maaf kepada Le Minerale atas disinformasi yang disebarkan terkait tingginya kandungan bromat pada produk Le Minerale.

Liputan6.com, Jakarta Konten kreator, Gerald Vincent akhirnya mengakui kesalahannya sekaligus meminta maaf kepada Le Minerale atas disinformasi yang disebarkan terkait tingginya kandungan bromat pada produk Le Minerale.

Pasalnya, beberapa bulan yang lalu, Gerald Vincent, melalui akun TikTok-nya @geraldvincentt menyebarkan disinformasi atau bahkan hoaks soal kandungan bromat tinggi produk air minum kemasan Le Minerale. Dirinya secara tak asal menyajikan data tentang kandungan bromat tanpa rujukan yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Atas kontennya tersebut, Gerald Vincent pun membuat konten klarifikasi di akun TikTok-nya pada Jumat (18/10/2024) kemarin.

“Di sini saya ingin klarifikasi, konten saya soal Le Minerale kandungan bromat-nya 58.8 ternyata salah, jadi sebelumnya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya telah merugikan nama Le Minerale,” tuturnya.

“Saya di sini bukan sebagai seorang ahli, bukan nutritionist, sehingga saya tidak memiliki kompetensi untuk membahas mengenai kandungan bromat pada air mineral, penetapan standar pengawasan terkait kualitas produk, sepenuhnya ranah BPOM dan Kementerian Perindustrian,” jelas Gerald Vincent.

Gerald Vincent pun dalam video yang diunggahnya tersebut menyebut bahwa kedua lembaga tersebut, BPOM menyatakan bahwa Le Minerale aman untuk dikonsumsi.

“BPOM sebagai otoritas berwenang telah mengeluarkan pernyataan resmi bahwa Le Minerale aman untuk dikonsumsi,” ujar Gerald Vincent.

Ia pun mengajak masyarakat agar menghentikan peredaran video disinformasi yang dibuatnya terhadap Le Minerale. 

“Saya sadar bahwa konten saya telah diambil, digunakan, di-repost dan disebarkan melalui berbagai platform. Oleh karenanya, saya harap kamu bisa lebih bijak dari saya dengan nggak nge-post video yang dulu,” ujar Gerald Vincent.

2 dari 2 halaman

Jauh di Bawah Ambang Batas

Le Minerale dipastikan aman dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, berdasarkan hasil pengujian dari Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) di bawah naungan Kementerian Perindustrian, kandungan bromat Le Minerale sebesar 0,4 per billion (ppb) dari ambang batas 10 ppb.

“Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa kadar Bromat dalam Le Minerale jauh di bawah ambang batas yang telah ditetapkan, yaitu 10 parts per billion (ppb) atau setara dengan 0,01 mikrogram/L. Secara spesifik, kadar bromat hanya sebesar 0,4 ppb,” papar manajemen Le Minerale sebagaimana dikutip dari via akun resmi IG @le_mineraleid, 24 Februari lalu.

 

(*)