Sukses

Menteri Prabowo Dikumpulkan di Akmil Magelang, AHY: Nostalgia

AHY menyambut baik kegiatan pembekalan yang dilakukan oleh Presiden Prabowo Subianto. Dia menilai, kegiatan ini penting untuk mempererat hubungan antarmenteri dan meningkatkan koordinasi di awal kabinet baru.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran akan menjalani outbound dan pembekalan selama tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

Menurut Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), kegiatan ini sekaligus sebagai ajang nostalgia. Karena di sana, ia pernah digembleng sewaktu menjadi taruna.

"Kembali ke akademi militer itu pasti ada nostalgianya karena kami ditempa di sana sebagai seorang taruna dan menjadi perwira di sana," kata AHY di Jakarta Selatan, Selasa (22/10/2024).

"Akademi militer rasanya itu sebuah lembaga yang dikenal sampai dengan hari ini mencetak kader-kader patriot, pemimpin, tak hanya di militer, tapi juga di semua lini profesi dan pengabdian," sambung dia.

AHY menyambut baik kegiatan pembekalan yang dilakukan oleh Presiden Prabowo Subianto. Dia menilai, kegiatan ini penting untuk mempererat hubungan antarmenteri dan meningkatkan koordinasi di awal kabinet baru.

AHY mengungkapkan antusiasmenya terhadap acara yang akan diselenggarakan di Magelang.

"Saya menyambut dengan penuh suka cita. Kemarin saya kaget, dibagikan juga seragam, seragam lapangan, mungkin juga ada kegiatan-kegiatan lapangan, saya juga tak tahu," ucap dia.

"Oleh karena itu saya menyambut dengan antusias kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan di Magelang nanti," dia menandaskan.

2 dari 2 halaman

Dasco Ungkap Alasan Prabowo Kumpulkan Semua Menteri di Akmil Magelang Pekan Ini

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad memastikan Presiden RI Prabowo Subianto akan mengumpulkan jajaran menterinya di Akademi Militer (Akmil) Magelang, pada pekan ini. Menurut dia, agenda di Akmil yang berlangsung selama tiga hari sejak 24 Oktober 2024, untuk menyamakan visi pemerintahan.

"Yang saya tahu tanggal 24 (Oktober) itu ada penyamaan visi yang akan dilakukan di Akmil selama 3 hari. Setelah itu, (menteri) mulai bekerja," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Dia mengaku tak mengetahui agenda apa saja yang akan dilakukan para menteri selama berada di Akmil Magelang. Dasco menjelaskan agenda ini dibuat untuk menjaga kekompakan para menteri Kabinet Merah Putih, khususnya saat bekerja.

"Ya antara lain begitu (agar menteri kompak)," ujarnya.

Dasco menuturkan, Prabowo akan menyampaikan langkah-langkah yang akan dilakukan selama lima tahun mendatang, khususnya dalam 100 hari pemerintahan. Prabowo ingin semua menteri memahami program-programnya.

"Pak Prabowo akan di sana lebih menjelaskan tentang langkah-langkah yang akan dilakukan terutama mungkin dalam 100 hari ke depan dalam program-program yang menterinya harus paham, dan juga harus sangat mengerti mengenai apa-apa yang harus dilakukan," tutur Dasco.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg), Prasetyo Hadi membenarkan rencana Presiden Prabowo Subianto memboyong para menteri dan wakil menteri di Kabinet Merah Putih ke Lembah Tidar di Magelang, Jawa Tengah. Menurut dia, rencana itu memang sudah dijadwalkan untuk suatu acara pembekalan.

“Ada rencana, ada rencana beliau akan mengumpulkan kita kembali dalam satu kegiatan di Akademi Militer,” kata Prasetyo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, seperti dikutip Senin (21/10/2024).

Video Terkini