Sukses

Hari Santri Nasional 2024, Danone Indonesia dan Serikat Ekonomi Pesantren Tanam 5.000 Bibit Pohon Bareng Santri

Dalam rangka merayakan Hari Santri Nasional 2024, Danone Indonesia berkolaborasi dengan sejumlah pihak menggelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2024 dan kegiatan penanaman 5.000 bibit pohon.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka merayakan Hari Santri Nasional 2024 yang jatuh pada hari ini, Selasa (22/10/2024), Danone Indonesia berkolaborasi dengan Serikat Ekonomi Pesantren (SEP), Pondok Pesantren Cintawana Tasikmalaya dan Forum Pondok Pesantren (FPP) menggelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2024 dan kegiatan penanaman 5.000 bibit pohon.

Kegiatan ini dilakukan bersama 1.000 santri dari pesantren Cintawana secara langsung serta diikuti pula oleh 49 pesantren lainnya yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif berkelanjutan Sekolah Bisnis Pesantren (SBP) yang sebelumnya telah diluncurkan pada Agustus 2024.

Peringatan Hari Santri Nasional 2024 yang berlangsung di Tasikmalaya, Jawa Barat ini dihadiri oleh Pimpinan Pondok Pesantren Cintawana KH Ahmad Sujai, Wakil Ketua Yayasan Pondok Pesantren Cintawana Tasikmalaya KH Irfan Hilmi, perwakilan Serikat Ekonomi Pesantren Ustaz Ahmad Tazakka Bonanza.

Lalu Perwakilan Forum Pondok Pesantren Cecep Hidayat, Perwakilan Lembaga Keuangan dan Investasi Wakaf Dompet Dhuafa Irvan Ramdani, dan Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo.

"Tidak ada lembaga yang bisa berdiri sendiri termasuk pesantren, sehingga Pondok Pesantren Cintawana terbuka untuk kolaborasi dengan semua pihak, seperti bersama SEP dan Danone Indonesia," ujar Wakil Ketua Yayasan Pondok Pesantren Cintawana Tasikmalaya KH Irfan Hilmi, melalui keterangan tertulis, Selasa (22/10/2024).

"Saya meyakini bahwa Danone Indonesia merupakan perusahaan yang sangat dekat dengan masyarakat muslim di Indonesia dan tentunya juga mendukung saudara-saudara kita di Palestina," sambung dia.

Selain itu, lanjut Irfan, kekuatan kolaboratif seperti SEP dan penanaman 5.000 bibit pohon bisa menjadi daya dukung ekonomi yang kuat bagi pesantren.

"Kita juga harus selalu optimis akan masa depan dan pantang menyerah, ibarat besok akan terjadi kiamat, kita tetap harus menanam pohon tersebut, sepenting itulah menjaga dan melestarikan lingkungan yang nantinya juga akan dirasakan anak cucu kita," terang dia.

 

2 dari 4 halaman

Apresiasi dan Sampaikan Terima Kasih

Kemudian, perwakilan Serikat Ekonomi Pesantren Ustaz Ahmad Tazakka Bonanza, menyampaikan apresiasi dan terima kasih.

"Kami ingin mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pondok Pesantren Cintawana yang telah mengizinkan kami untuk ikut serta merayakan Hari Santri Nasional. Insya Allah mitra-mitra yang bekerjasama dengan SEP adalah bagian dari perusahaan yang justru mendukung perjuangan umat islam dan pondok pesantren, seperti Danone Indonesia," ucap Tazakka.

"Pondok pesantren sebagai benteng adalah benteng terkuat dan terbesar bagi umat islam, khususnya di Indonesia. Maka dalam rangka Hari Santri Nasional, mari mewarnai pondok pesantren kita dengan berbagai prestasi dan berjihad dengan membangun perekonomian yang tidak hanya sukses di dunia, tetapi juga di akhirat," sambung dia.

Selain melibatkan para santri di tiga provinsi, kegiatan ini juga diikuti secara langsung oleh pengurus pondok pesantren, dan masyarakat setempat. Termasuk di antaranya, para santri dari RMI NU Bogor, RMI NU Pasuruan, Lembaga Perekonomian NU Pasuruan, dan pengurus Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pesantren (Hebitren) DIY.

Adapun jenis pohon yang dipilih merupakan jenis pohon tanaman buah di antaranya mangga, jambu kristal, sirsak, durian, kelengkeng, jeruk, belimbing, serta tanaman buah lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pesantren dan mempertimbangkan karakteristik lokasi tempat pesantren tersebut berada.

 

3 dari 4 halaman

Berikan Bantuan Pupuk dan Biaya Pemeliharaan

Untuk memastikan bibit tanaman tumbuh dengan baik, Danone Indonesia juga memberikan bantuan pupuk dan biaya pemeliharaan. Kelak pohon yang ditanam akan di monitor perkembangannya bersama para santri dan pengurus pesantren.

"Danone Indonesia sangat antusias dapat mempererat kerjasama dengan Serikat Ekonomi Pesantren dan RMI NU. Kali ini, kerja sama diwujudkan melalui edukasi peningkatan kepedulian lingkungan dengan melakukan penanaman 5000 pohon di 50 lingkungan pesantren," kata Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo.

Dia berharap kegiatan ini turut berkontribusi dalam menciptakan pesantren yang hijau dan menumbuhkan semangat kepada para santri untuk mencintai lingkungan sekitar.

"Sejalan dengan misi perusahaan yaitu One Planet One Health, kami percaya bahwa kesehatan manusia bergantung kepada kesehatan bumi, sehingga kita perlu menjaga bumi, salah satunya dengan melakukan penanaman pohon sehingga kelak bisa bermanfaat bagi pesantren, para santri, dan warga sekitar," terang Karyanto.

Dia menambahkan, kegiatan penanaman pohon ini sejalan juga dengan kegiatan pesantren hijau yang dicanangkan oleh Kementerian Negara Republik Indonesia yang mendorong kelestarian lingkungan di pesantren.

 

4 dari 4 halaman

Harapkan Tanaman Dapat Dipelihara dengan Baik

Menurut Karyanto, kegiatan penanaman 5.000 pohon ini setara dengan luasan lahan sebanyak 12,5 Ha lahan dan jika tanaman dipelihara dengan baik sampai dengan 10 tahun kedepan maka dapat berkontribusi menurunkan CO2 sebanyak 300 Ton per tahunnya.

"Insya Allah produk kami halal dan thoyib, karenanya kami juga ingin berkontribusi kepada pesantren dan masyarakat sekitar," ucap dia.

"Pada kesempatan ini kami juga ingin menegaskan bahwa Danone Indonesia sejalan dengan pemerintah Indonesia, berkomitmen untuk menentang segala bentuk agresi dan terus membantu perjuangan kemerdekaan Palestina, salah satunya lewat pemberian bantuan ke kedutaan Palestina yang alhamdulillah diterima dengan baik," Karyanto menambahkan.

Kegiatan penanaman bibit pohon ini, lanjut dia, merupakan perluasan program inisiatif Sekolah Bisnis Pesantren yang diprakarsai oleh Danone Indonesia dan RMI NU yang bertujuan untuk mengedukasi para santri dalam mengembangkan kemampuan bisnis yang berkelanjutan, sekaligus menjaga kesejahteraan umat dan mendorong penguatan ekonomi pesantren di berbagai daerah.

"Sebelumnya, Danone Indonesia dan RMI NU juga telah bekerjasama untuk menghadirkan sumur bor dan sanitasi MCK di sembilan pondok pesantren di Kabupaten Bogor. Melalui edukasi lingkungan dan penanaman pohon, para santri dan pengurus pondok pesantren diharapkan dapat mengintegrasikan pengetahuan bisnis mereka dengan kepedulian terhadap alam, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam merawat sumber daya alam yang ada di sekitar pesantren," terang dia.

"Kegiatan hari ini merupakan langkah awal yang bisa berdampak besar dalam menciptakan perubahan positif bagi alam dan komunitas di sekitar kita. Kami berharap program ini juga dapat membantu merawat ekosistem dan sumber air guna menjaga keberlanjutan lingkungan dan menciptakan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan di masa depan," tutup Karyanto.