Sukses

Infografis 17 Prioritas Program Kabinet Prabowo-Gibran dan Pelantikan Utusan hingga Penasihat Khusus Presiden

Jajaran Kabinet Merah Putih telah dilantik. Presiden Prabowo Subianto meminta doa seluruh masyarakat Indonesia demi mewujudkan sejumlah program dalam 100 hari kerja masa pemerintahannya.

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran Kabinet Merah Putih resmi dilantik di Istana Negara, Jakarta pada Senin 21 Oktober 2024. Para pembantu Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka itu berisikan total 48 kementerian yang diisi 48 menteri, 56 wakil menteri (wamen), dan 5 kepala lembaga di bawah presiden.

Prabowo meminta doa dari seluruh masyarakat Indonesia. Terutama untuk mewujudkan sejumlah program dalam 100 hari kerja masa pemerintahannya.

"Ya, doakan yang terbaik. Terima kasih," ujar Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara, Jakarta, Senin 21 Oktober 2024.

Bukan hanya para menteri, wamen, dan pejabat setingkat menteri. Sehari kemudian di Istana Negara, Jakarta, Prabowo juga melantik 25 orang lainnya. Mereka terdiri dari 7 Utusan Khusus Presiden dan 7 Penasihat Khusus Presiden. Selain itu, ada 5 kepala badan negara dan 6 wakil kepala (waka) badan negara yang turut dilantik.

Khusus terhadap para menteri dan wamen, Prabowo akan memberikan pembekalan tambahan. Rencananya, selama 3 hari dalam pekan ini para anggota Kabinet Merah Putih dikumpulkan di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah.

"Itu ada penyamaan visi yang akan dilakukan di Akmil selama 3 hari. Setelah itu, (menteri) mulai bekerja," kata Dasco di Jakarta, Selasa 22 Oktober 2024.

Dasco mengaku tak mengetahui agenda apa saja yang akan dilakukan para menteri dan wamen selama berada di Akmil Magelang. Namun, Dasco menjelaskan agenda ini dibuat untuk menjaga kekompakan para anggota Kabinet Merah Putih, khususnya saat bekerja.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu menekankan, Prabowo akan menyampaikan langkah-langkah yang akan dilakukan selama 5 tahun mendatang, khususnya dalam 100 hari pemerintahan. Prabowo ingin semua menteri memahami program-programnya.

Ada 17 program prioritas dan 8 program hasil terbaik cepat sesuai janji kampanye Prabowo-Gibran. Apa saja? Siapa saja Utusan dan Penasihat Khusus Presiden, serta kepala-wakil kepala badan negara yang baru dilantik Prabowo? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

2 dari 5 halaman

Infografis 17 Prioritas dan 8 Program Percepatan Kabinet Prabowo-Gibran

3 dari 5 halaman

Infografis 7 Utusan Khusus Presiden Prabowo

4 dari 5 halaman

Infografis 7 Penasihat Khusus Presiden Prabowo

5 dari 5 halaman

Infografis Kepala-Waka 6 Badan Negara Kabinet Merah Putih