Sukses

2 Bulan Uji Coba, Pemprov Bagikan Ribuan Paket Makan Bergizi Gratis ke 11 Sekolah di Jakarta

Pj Gubernur Jakarta menyebut, dalam uji coba makan bergizi gratis, pihaknya berupaya memperhatikan kebutuhan nutrisi dan gizi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan uji coba makan bergizi gratis (MBG) sejak 19 Agustus 2024. Total, ada 9.489 paket makanan yang telah dibagikan kepada peserta didik di 11 sekolah di Jakarta dalam dua bulan terakhir ini.

Adapun uji coba dilakukan dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Tercatat, 498 paket makan bergizi gratis disediakan dengan dana operasional gubernur. Sisanya, ditanggung Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta.

Sejumlah BUMD yang terlibat antara lain Dharma Jaya sebanyak 2.421 paket, PT Bank DKI sebanyak 2.570 paket, PAM Jaya sebanyak 1.500 paket, PT Jakpro 900 paket, dan PT Food Station Tjipinang Jaya sebanyak 1.600 paket.

"Alhamdulillah sejauh ini kita telah konsisten dalam mendistribusikan ribuan paket makanan selama uji coba MBG ini," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi dalam keterangan tertulis, Rabu (23/10/2024).

Menurut Teguh, apa yang dilaksanakan Pemprov DKI Jakarta telah sesuai dengan mandat dari pemerintah pusat. Teguh menyebut, dalam uji coba makan bergizi gratis, pihaknya berupaya memperhatikan kebutuhan nutrisi dan gizi.

"Kita bersinergi dalam menyukseskan hal ini agar para peserta didik bisa mendapatkan nutrisi dan gizi yang cukup, sehingga bisa mengikuti proses belajar dengan optimal. Hal ini juga sebagai persiapan dalam menyiapkan Generasi Emas 2045," ucap Teguh.

Berikut rincian sekolah di Jakarta yang telah dilakukan uji coba makan bergizi gratis:

1. SDN Cideng 07, Jakarta Pusat 498 paket

2. SDN Rawa Badak Utara 03, Jakarta Utara sebanyak 371 paket

3. SDN 04 Cipayung, Jakarta Timur sebanyak 800 paket

4. SDN Gunung 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sebanyak 620 paket

5. SDN 01 dan SMPN 03 Manggarai, Jakarta Selatan sebanyak 1.500 paket

6. SDN 05 dan 07 Wijaya Kusuma, Jakarta Barat sebanyak 700 paket

7. SDN 03 Rorotan, Jakarta Utara sebanyak 900 paket

8. SMAN 70 Bulungan, Jakarta Selatan sebanyak 1.300 paket

9. SMKN 26 Rawamangun, Jakarta Timur sebanyak 1.600 paket

10. SDN Menteng 03, Jakarta Pusat sebanyak 500 paket

11. SMPN 270, Jakarta Utara sebanyak 700 paket.

2 dari 2 halaman

Gibran Tinjau Uji Coba Makan Bergizi di Jakarta Utara

Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka, meninjau uji coba Makan Bergizi Gratis (MBG) di SMPN 270, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (23/10/2024).

Paket makanan disediakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta PAM Jaya. Menu yang disajikan berupa nasi, ayam teriyaki, capcay, tahu goreng, dan jeruk serta satu susu kotak.

Usai uji coba, Gibran bertanya kepada dua orang siswa apakah makanan yang disajikan itu mengenyangkan untuk mereka.

"Mengenyangkan? Kalian biasanya tiap hari sarapan dulu nggak?," tanya Gibran.

"Mengenyangkan. Iya (Sarapan)," jawab salah satu siswa bernama Alwan.

"Sarapan, oke. Ingin nggak ini tiap hari?," kata Gibran.

"Ingin sih," ujar siswa tersebut.

Lebih lanjut, siswa yang ditanyai itu mengucapkan terima kasih kepada Gibran karena menilai makanan bergizi gratis yang disajikan enak. Siswa juga mendoakan agar Gibran selalu diberikan kesehatan.

"Saya suka makanannya enak. Enak-enak, ayamnya enak, sayurnya enak, tahunya juga enak Pak. Terima kasih Pak Gibran," kata dia.