Sukses

Gelar ‘Talkshow Why Gen Z: Kepemimpinan Ala Gen Z’, Pemkab Bandung Tingkatkan Karakteristik Kualitas Generasi Muda

Seminar tersebut mengundang para peserta dari kalangan pelajar SLTA di Kabupaten Bandung. Harapannya, kegiatan tersebut bisa menambah wawasan baru bagi para peserta yang hadir, terutama di kalangan pelajar dan generasi muda.

Liputan6.com, Jakarta Seminar bagi generasi muda dengan tema ‘Talkshow Why Gen Z: Kepemimpinan Ala Gen Z’ sukses digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Acara ini berlangsung di Hotel Sutan Raja Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (23/10/2024).

Seminar tersebut mengundang para peserta dari kalangan pelajar SLTA di Kabupaten Bandung. Harapannya, kegiatan tersebut bisa menambah wawasan baru bagi para peserta yang hadir, terutama di kalangan pelajar dan generasi muda. Tak hanya itu, tujuan acara ini juga untuk meningkatkan karakteristik kualitas generasi Z saat ini.

Dalam kesempatan tersebut, Pjs. Bupati Bandung Dikky Achmad Sidik mengatakan bahwa pelaksanaan seminar ini sebagai bentuk edukasi bagi generasi Z dalam menyikapi perkembangan kedepan.

"Kita saat ini sedang menuju Indonesia Emas 2045. Saya yakin para siswa atau generasi muda yang hadir saat ini yang akan mengalami Indonesia Emas mendatang," tutur Dikky dalam sambutannya.

2 dari 3 halaman

Bagian Persiapan Indonesia Emas 2045

Dikky juga menambahkan, bahwa potensi yang ada saat ini akan menjadi bagian dari persiapan dalam menghadapi Indonesia Emas 2045.

Pjs. Bupati Bandung menyebutkan bahwa para siswa atau generasi muda  yang hadir dalam seminar tersebut akan menjadi calon pemimpin di masa yang akan datang. Apapun pemimpinnya nanti pada masa Indonesia Emas 2045.

Maka dari itu, Dikky mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung yang turut melaksanakan seminar bagi generasi muda tersebut dalam upaya mempersiapkan calon-calon pemimpin di masa mendatang.

"Oleh karenanya, tentu saja pelaksanaan Talkshow Why Gen Z : Kepemimpinan Ala Gen Z diharapkan dapat memberikan pencerahan dan wawasan kedepan untuk para calon pemimpin tersebut," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Kesempatan Peserta dalam Hal Leadership di Masa Mendatang

Di momen ini, Dikky mengungkapkan bahwa talkshow kepemimpinan yang berlangsung ini bisa menjadi kesempatan para peserta mempersiapkan diri dalam proses leadership atau kepemimpinan di masa mendatang.

"Ini merupakan kesempatan untuk mengikuti proses kepemimpinan atau leadership, karena leadership itu bukan sesuatu yang tidak mudah. Apalagi saat ini dihadapkan pada semakin besar tantangan kedepan yang harus dihadapi oleh semua," katanya.

Apalagi, kata Dikky, saat ini menghadapi Pilkada Serentak Nasional 2024. "Mari kita bersikap memilih calon pemimpin yang baik. Itu bagian dari proses kepemimpinan untuk memilih pemimpin," ujarnya.

Di pihak lain, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung Bambang Sukmawijaya mengatakan bahwa pelaksanaan seminar bagi generasi muda dengan tema ‘Talkshow Why Gen Z: Kepemimpinan Ala Gen Z’ ini dalam upaya memberikan pengayaan, pendidikan politik dan wawasan kebangsaan bagi generasi muda dalam menghadapi Indonesia Emas 2045.

"Pelaksanaan Talkshow Why Gen Z : Kepemimpinan Ala Gen Z ini dalam rangka meningkatkan karakteristik kepemimpinan, dan memberikan wawasan bagi generasi muda," tuturnya.

Ia melanjutkan, saat ini juga bertepatan dengan akan dilaksanakannya Pilkada Serentak Nasional pada 27 November 2024, di mana mereka akan memberikan hak suaranya.

"Salah satu tolok ukur suksesnya Pilkada itu, tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi. Untuk itu, kita berusaha untuk mengoptimalkan sosialisasi kepada para pemilih pemula," katanya.

Video Terkini