Sukses

Prabowo Jelaskan Pentingnya Pembekalan Menteri di Akmil Magelang

Presiden Prabowo Subianto akan mengajak para pembantunya di Kabinet Merah Putih melakukan pembekalan tambahan selama tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto akan mengajak para pembantunya di Kabinet Merah Putih melakukan pembekalan tambahan selama tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah. Menurut Prabowo, pembekalan ini untuk menguatkan kerja sama tim di kabinet.

"Saya sangat mengutamakan kerja sama sebagai tim. Untuk itu, dalam waktu dekat saya akan mengajak saudara ke Magelang, di mana kita akan melaksanakan beberapa hari menambah pembekalan. Kemudian, kita akan adakan koordinasi-koordinasi di tempat di Magelang, Jawa Tengah, kawasan Akademi Militer," kata Prabowo Subianto saat memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Presiden Prabowo mengatakan Magelang merupakan sentra perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah. Sehingga, diharapkan dapat menumbuhkan keberanian dan meningkatkan rasa cinta tanah air dari para menteri dan wakil menteri.

"Daerah Magelang merupakan suatu sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan tahun dikenal sebagai darah perjuangannya Pangeran Diponegoro di antara 5 gunung itu. Saya kira cukup membawa suatu aura tradisi keberanian, tradisi heroisme, tradisi cinta tanah air," ujar Prabowo.

Prabowo meyakini pembekalan di Akmil Magelang ini akan membawa banyak manfaat untuk kabinet dan pemerintahannya selama lima tahun ke depan.

"Karena sesungguhnya lahirnya republik kita memang proklamasi di Jakarta, tapi ujian proklamasi berada di daerah-daerah di mana pejuang-pejuang kita melaksanakan perebutan kemerdekaan secara fisik," tutur Prabowo Subianto.

2 dari 2 halaman

Para Menteri dan Wamen Diberi Perlengkapan untuk Pembekalan di Akmil Magelang

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup Raja Juli Antoni mengungkapkan bahwa para menteri Kabinet Merah Putih dibagikan sejumlah perlengkapan untuk mengikuti pembekalan di Akademi Militer (Akmil) Magelang. Adapun para menteri akan berangkat ke Magelang pada Rabu, 23 Oktober 2024.

Raja Juli menuturkan para menteri dan wakil menteri diberikan seragam khusus oleh Sekretaris Kabinet Mayor Teddy Indra Wijaya untuk dipakai saat pembekalan di Akmil Magelang. Selain itu, ada pula kemeja, sepatu, hingga baju olahraga.

"Alhamdulillah kami sudah diberi seragam oleh Pak Menseskab ya. Jadi coba nanti dilihatlah pakaian apa saja yang nanti akan dipakai para menteri dan wamen di Gunung (Lembah) Tidar," kata Raja Juli di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2024).

"Selain seragam, ada kemeja, dua pasang kalau enggak salah, (warna) putih dan khaki. Kemudian ada sepatu, ada kaus olahraga, dan ada topi juga," sambungnya.

Menurut dia, para menteri Kabinet Merah Putih akan berangkat bersama-sama ke Akmil Magelang dengan pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Raja Juli belum bisa memastikan agenda apa saja yang akan dilakukan para menteri dan wamen selama di Akmil.

"Insyaallah besok berangkat jam 1.30 (siang), kalau enggak salah dari Halim. Insyaallah bersama-sama," tutur Sekjen PSI itu.